Cara Membuka Mur dan Baut Roda Mobil Macet

Berita Otomotif

Cara Membuka Mur dan Baut Roda Mobil Macet

JAKARTA – Mur dan baut roda mobil yang macet saat hendak dibuka, memang sangat menyusahkan. Dengan mengenali penyebabnya, maka kejadian seperti ini bisa dihindari.

Roda pada mobil dikaitkan dengan mur dan baut. Jumlah mur dan baut sertiap roda berbeda-beda setiap jenis kendaraan, ada yang tiga, empat hingga lima.

Mur dan baut tersebut berfungsi untuk menjaga ban tetap berada pada tempatnya. Mengencangkan baut pada mur roda ternyata memiliki tekniknya sendiri, agar tidak merusak dan pada akhirnya menyebabkan sulit untuk dibuka.

Di masa PPKM Darurat seperti saat ini, Anda bisa melakukan pengecekan kendaraan di rumah, salah satunya mur dan baut roda mobil. Berikut ini cara membuka mur dan baut yang macet dikutip dari Auto2000.

Penyebab Mur dan Baut Roda Macet

Penyebab pertama mur dan baut roda sulit dilepaskan karena timbulnya karat pada kedua benda tersebut. Proses oksidasi datang karena kedua komponen itu jarang mendapat perhatian.

Lalu penyebab lainnya adalah mur dan baut yang dikencangkan terlalu kuat saat pemasangan. Hal ini juga menyebabkan kerasnya baut saat hendak dibuka kembali.

Menggunakan mur dengan ukuran yang bukan standar pabrikan juga bisa menyebabkan terjadinya kemacetan. Hal ini terjadi karena ukuran yang kekecilan atau ulirnya (drat) kekecilan.
Cara membuka Mur dan Baut

Cara Membuka Mur dan Baut Roda yang Macet

  • Memanfaatkan alat bantu untuk mempermudah proses membuka mur dan baut. Biasanya bengkel menggunakan pipa panjang sehingga mendapatkan torsi lebih besar untuk membukanya.
  • Anda juga bisa menggunakan cairan penetran dalam membersihkan partikel-partikel di dalamnya. Dengan menyemprotkan cairan tersebut, maka mur akan lebih mudah diputar.
  • Saat memasang roda, usahakan menggunakan kunci momen atau biasa disebut torsi. Hal ini agar tidak menyulitkan saat membukanya kembali di kemudian hari.
  • Teknik memasang mur roda mobil sebaiknya menggunakan teknik menyilang. Hal ini berfungsi agar roda berputar dengan sempurna dan daya tekannya seimbang.
  • Melakukan rotasi ban mobil secara rutin juga mampu mengurangi kemungkinan kedua komponen (mur dan baut) mengeras atau berkarat. Ada baiknya rotasi dilakukan setiap enam bulan sekali.
  • Rotasi ban sebaiknya dibarengi dengan pembersihan jalur drat mur dan baut.

“Lakukan perawatan mur dan baut roda untuk mencegahnya bermasalah seperti macet bahkan tidak bisa dibuka saat ingin mengganti ban. Supaya mudah, aman, dan nyaman di perjalanan,” ucap Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar