Bus Listrik Calon Armada TransJakarta mampu Tempuh Jarak 290 Km

Berita Otomotif

Bus Listrik Calon Armada TransJakarta mampu Tempuh Jarak 290 Km

JAKARTA – Bus listrik akan segera menjadi salah satu armada PT TransJakarta dengan menggunakan bus BYD yang disiapkan oleh PT Bakrie Autoparts.

Bus yang disiapkan untuk menjadi armada dari TransJakarta tersebut pun ditampilkan oleh PT Bakrie Autoparts di ajang Busworld South East Asia 2019 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Bus tersebut diklaim sudah berhasil menunjukkan perfomanya di ajang IMF and World Bank Conference 2019 di Bali.

“Kalau di Jakarta, ini adalah pertama kalinya diperkenalkan. Tapi sebelumnya kami sudah mengenalkan bus ini di Bali dan digunakan pada kegiatan IMF and World Bank Conference di Bali beberapa waktu lalu. Ketika itu, bus ini digunakan sebagai shuttlebus,” ungkap Dino A Ryandi, CEO PT Bakrie Autoparts,

Dalam pameran kali ini Ia memamerkan dua jenis bus listrik dengan ukuran dan fungsional berbeda. Pertama adalah K9 RHD yang memiliki panjang 12 meter, lebar 2,5 meter dan memiliki baterai berkapasitas 324 kW.

“Bus ini memiliki kapasitas 32 seater dan ditambah 18 berdiri sehingga total mampu mengangkut 50 orang sekali jalan. Sementara untuk baterainya senditi berkapasitas 324 kW dan bisa menempuh jarak hingga 290 km. Ini cocok untuk bus rute dalam kota,” ungkapnya.

Sementara satu bus lainnya adalah C6 yang memiliki ukuran lebih kecil yaitu panjang 7,5 meter dan lebar 2 meter. Karena ukurannya lebih kecil maka kapasitas kursi pun hanya 24 namum mampu menempuh jarak lebih jauh hingga 400 km dalam satu kali pengisian.

“Untuk waktu pengisian bisa mencapai empat jam bila dari nol hingga penuh. Tapi pada kenyataannya tidak mungkin membiarkan baterai bus habis sama sekali, jadi waktu pengisian bisa lebih cepat dari empat jam,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar