Transjakarta akan Uji Coba Bus Listrik Karya Anak Bangsa Awal Agustus

Berita Otomotif

Transjakarta akan Uji Coba Bus Listrik Karya Anak Bangsa Awal Agustus

JAKARTA – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan uji coba bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) pada awal Agustus nanti.

Rencana itu diumumkan saat acara penandatanganan MoU antara Transjakarta dan MAB bersamaan dengan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (22/07/2022).

Uji coba tersebut terasa spesial karena untuk pertama kalinya bus listrik produksi dalam negeri akan mengaspal di jalur Transjakarta.

Kelik Irwantono Direktur Utama PT MAB memberikan apresiasi kepada pihak Transjakarta yang telah mempercayai MAB untuk menyediakan bus listrik sebagai transportasi umum di Jakarta.

“Ini menunjukkan komitmen dari Transjakarta untuk menjadikan Jakarta lebih hijau,” kata Kelik.

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta, M. Yana Aditya mengungkapkan rasa leganya karena akhirnya Transjakarta dapat bekerja sama dengan merek lokal dalam pengadaan bus listrik.

“Suatu kebanggaan bagi Transjakarta untuk ikut serta mempercepat pertumbuhan industri bus listrik di dalam negeri,” terang Yana.

Yana mengungkapkan ambisi Transjakarta dalam penggunaan bus listrik selaras dengan visi Indonesia akan zero emision pada 2050, dan salah satu upayanya adalah pengoperasian sebanyak 10.047 unit bus listrik pada 2030.

“Ini salah satu upaya kita untuk mempercepat proses ekonomi hijau di Jakarta dan Indonesia, sehingga kita semua bisa menjaga udara kita tetap baik dan bebas dari polusi,” lanjut Yana.

Uji coba satu unit bus listrik Transjakarta dari MAB rencananya akan dilakukan pada 1 Agustus 2022 selama tiga bulan.

Jalur yang akan digunakan bus listrik ini yaitu Koridor 6 (Dukuh Atas 2 – Ragunan). Waktu operasionalnya sama dengan bus Transjakarta lainnya, mulai pukul 05.00 – 20.00 WIB.

Untuk bus listriknya sendiri dikatakan sudah menggunakan komponen lokal 35 persen, mampu menempuh jarak 250 km. kapasitas daya baterainya sebesar 315,85 kWh, dan waktu pengisian baterainya sekitar 1,5 hingga 2 jam.

“Saat ini sudah ada 30 bus listrik Transjakarta yang beroperasi. Dengan tambahan dari MAB, semoga tahun depan akan lebih banyak bus listrik beroperasi di Jakarta dan udara kita semakin segar,” tutup Yana. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang