Infrastruktur Pengisian Daya Kendaraan Listrik Segera Dibangun di Indonesia

Berita Otomotif

Infrastruktur Pengisian Daya Kendaraan Listrik Segera Dibangun di Indonesia

JAKARTA – PT Bakrie Autoparts selaku APM dari BYD di Indonesia menegaskan akan mempersiapkan infrastruktur untuk keperluan pengisian daya bus listrik yang digunakan oleh TransJakarta.

Hal ini disampaikan oleh Dino A Ryandi, CEO PT Bakrie Autoparts di sela-sela acara Busworld South East Asia 2019 yang dilangsungkan di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Hal ini perlu dilakukan karena TransJakarta akan menggunakan bus listrik BYD sebagai armadanya.

“PT TransJakarta hanya meminta penyediaan pengisian dayanya saja dan itu akan kami sediakan. Untuk pengisiannya sendiri dari nol hingga penuh bisa mencapai empat jam dan bus dapat menempuh jarak sejauh 290 km,” ujarnya.

Untuk ujicoba, pihaknya akan mendatangkan unit bus listrik dalam kondisi CBU. Namun bila nantinya unit mereka dinyatakan layak dalam ujicoba dan TransJakarta hendak menggunakan sebagai armada tetap maka pihaknya akan melakukan perakitan.

“Kalau ujicoba akan CBU, tapi nanti kalau sudah digunakan TransJakarta maka kami akan lokalkan menjadi CKD. Mungkin sasisnya CBU tapi body dan komponen lainnya bisa lokal sehingga harganya lebih kompetitif. Lokal konten untuk CKD bisa mencapai 40 persen bila body juga dibuat di dalam negeri,” tuturnya.

Tak hanya itu, Ia juga berencana kedepannya agar bisa merakit sasis di Indonesia. Bila cita-cita tersebut tercapai maka lokal content dari sebuah bus listrik dapat mencapai 60 persen sehingga bisa meningkatkan ekonomi dalam negeri.

“Kami punya pusat industri sendiri, jadi akan dikerjakan di sana. BYD juga melihat kami memiliki kemampuan makanya mereka berani menunjuk kami untuk menjadi APM di Indonesia,” pungkasnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar