Bukan Semir, Ini Cara Merawat Ban Motor

Berita Otomotif

Bukan Semir, Ini Cara Merawat Ban Motor

JAKARTA – Merawat ban motor merupakan suatu keharusan agar tetap mendapatkan performa yang prima.

Ban adalah salah satu komponen yang memiliki peran penting pada kendaraan. Terlebih pada sepeda motor, komponen yang terbuat dari karet ini bertugas memberikan traksi maksimal sehingga memberikan kenyamanan berkendara.

Oleh karena itu, ban yang digunakan harus mendapatkan perawatan berkala agar performanya tetap optimal. Salah satunya dengan melakukan pencucian kendaraan secara rutin atau setidaknya jangan dibiarkan kotor.

Mencuci motor kegiatan yang cukup memakan waktu, namun saat ini banyak bisa ditemukan tempat yang menawarkan jasa cuci. Motor Anda akan kembali dibuat bersih dengan menggunakan sampo dan semir pada ban.

Ternyata menggunakan semir ban itu bukanlah metode yang tepat. Ban yang terlalu sering disemir akan lebih cepat kehilangan kelenturan alias daya elastisitas. Jika ban sudah kehilangan elastisitas, maka dipastikan kenyamanan berkendara akan terganggu.
ban Motor

Lalu pertanyaannya bahan apa yang baik untuk melakukan perawatan pada ban motor? Berikut ini tips perawatan ban motor seperti dikutip dari laman resmi Wahana Honda.

1. Cuci dengan air bersih

Percaya atau tidak, Anda sebenarnya sudah bisa melenyapkan kotoran dari ban motor dengan menyiramnya saja dengan air bersih. Namun akan lebih baik apabila ban motor dibersihkan memakai air dari selang bertekanan tinggi. Jadi, kotoran yang menyelip di sela-sela ban pun dapat ikut terangkat.

2. Sikat ban hingga bersih

Sembari mencuci dengan air bersih, sikat ban hingga ke sela-selanya. Langkah ini penting untuk memastikan tidak ada kerikil yang tertinggal di sana. Jika perlu, Anda bisa memakai sikat gigi bekas untuk menjangkau area-area kecil di ban.

3. Bersihkan ban dengan minuman bersoda

Selain dengan sampo motor, Anda juga bisa mencoba menggunakan minuman bersoda untuk membersihkan ban motor. Caranya cukup mudah. Tuangkan minuman bersoda ke permukaan ban dan biarkan hingga kering. Selanjutnya, bersiaplah melihat ban motor kembali menghitam, bahkan tanpa disemir.

4. Pakai silikon murni

Tak hanya sampo motor dan minuman bersoda, silikon murni pun bisa dipakai untuk membersihkan ban motor. Anda bisa membelinya di toko bahan kimia. Penggunaan silikon murni ini akan memberikan hasil lebih bagus, karena mampu memberikan kelembapan pada ban motor. Dengan begitu, ban bisa berfungsi dengan lebih baik. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar