Ban Mobil dan Motor Paling Laris di Dunia

Berita Otomotif

Ban Mobil dan Motor Paling Laris di Dunia

JAKARTA – Ban kendaraan paling laris secara tidak langsung menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu produk akan kualitasnya.

Majalah ban asal Inggris yakni Tyrepress merilis merek-merek ban yang meraih penjualan paling banyak di dunia. Adapun peringkat yang disertakan oleh majalah tersebut, berdasarkan pendapatan perusahaan selama satu tahun.

Berbagai merek ban terkenal ikut serta dalam pemilihan tersebut. Sebut saja seperti Michelin, Bridgestone, Goodyear hingga Hankook. Tyrepress 2020 menghitung penjualan ban dari satu merek selama satu tahun yang mencapai jutaan Euro.

Michelin yang merupakan produsen ban asal Perancis menduduki posisi pertama dengan total penjualan sebesar 20.059 juta Euro atau sekitar Rp 346 miliar. Peringkat kedua dihuni Bridgestone dengan raihan 19.649 juta Euro atau senilai Rp 340 miliar.

Hankook Tire yang merupakan produsen ban asal Korea Selatan menempati posisi keenam dengan raihan 4.830 juta Euro atau sekitar Rp 83 miliar. Hasil ini dikatakan masih lebih baik dari tahun sebelumnya di posisi ketujuh. Dikatakan bahwa pada 2020 Hankook mengalami kenaikan penjualan sebesar 15.5 persen.

Penjualan ban high-inch (ban yang berukuran di atas 18 inci) juga meningkat 3 persen secara YoY (Year on Year), sehingga menyumbang 35 persen untuk total penjualan ban PCR (mobil penumpang). Meningkatnya penjualan tersebut juga didukung oleh teknologi terkini yang digunakan selama produksi dan kualitas produk yang unggul.
Pabrik Ban Hankook

Tidak hanya dinobatkan pada urutan ke-6 sebagai produsen ban global oleh majalah Tyrepress. Pada 2020 Hankook Tire juga menerima pengakuan luar biasa atas keunggulan teknologi yang dimiliki oleh lini produknya.

Hankook menerima rating tinggi dalam beberapa uji kualitas ban dari lembaga terkemuka di Jerman dan Inggris. Kemudian mereka juga menempati posisi sebagai merek ban terlaris di tiga kategori dari ban all-season (segala musim), musim panas, dan musim dingin di platform e-commerce Eropa, yakni Tyre24, di mana hasil tersebut berdasarkan pada survei preferensi konsumen.

“Kami turut bangga atas pencapaian global ini. Memasuki tahun 2021, pertumbuhan bisnis Hankook di Indonesia sendiri semakin membaik, sehingga pangsa pasar kami bisa kembali menguat setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan,” ucap Yoonsoo Shin, President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia, melalui siara persnya. [Dew/Had]

Ban Paling Laris

1

Michelin

20,059

2

Bridgestone

19,649

3

Continental

10,158

4

Goodyear

10,040

5

Sumitomo

5,376

6

Hankook Tire

4,830

7

Pirelli

4,302

8

Yokohama

3,775

9

Hangzhou Zhongce Rubber

n/a

10

Maxxis

2,790

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar