BMW Yakin Orang Kaya di Jakarta Makin Tertarik Beli Mobil Listrik i3

Berita Otomotif

BMW Yakin Orang Kaya di Jakarta Makin Tertarik Beli Mobil Listrik i3

JAKARTA – BMW meyakini penjualan mobil listrik murni mereka, i3, bakal ikut terdongkrak oleh aturan pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) di DKI Jakarta.

Jodie O’Tania, Director of Communication BMW Group Indonesia, perlakukan istimewa terbaru dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membawa dampak positif bagi i3. Ia yakin, nantinya makin banyak pihak membeli city car tersebut.

“Pasti,” ucap dia singkat, ketika diwawancarai usai peluncuran New MINI Clubman, MINI John Cooper Works Clubman, plus MINI John Cooper Works Countryman belum lama ini di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, pada Januari kemarin Pemprov DKI Jakarta menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 Tahun 2020. Melalui Pergub ini, pembuat aturan di Ibu Kota tidak mengenakan BBN-KB khusus bagi mobil listrik murni.

Aturan berlaku mulai tanggal diundangkannya Pergub tersebut yaitu 15 Januari 2020 sampai dengan 31 Desember 2024. Pergub Nomor 3 Tahun 2020 merupakan salah satu aturan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 berisi 17 insentif fiskal maupun nofiskal bagi mobil listrik.

Adapun i3 meluncur di Indonesia pada 2019. BMW memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang sebagai tempat peluncuran.

Pergub DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2020, kata Jodie, akan menguntungkan para konsumen i3. Pasalnya, komponen harga total yang harus dibayarkan mereka menjadi berkurang.

“Sebenarnya bukan hanya pengaruh dari situ saja karena kami juga kerja sama PLN sehingga listrik mendapat potongan harga. Kemudian kami kerja sama dengan Pertamina (membangun stasiun pengisian daya di SPBU). Kami bekerja sama dengan banyak kementerian juga. Itu sudah pasti ikut mendukung (penjualan). Apalagi ganjil-genap bebas lewat juga,” tukas dia.

Satu yang pasti, para konsumen i3 pastinya tetap kamu berduit alias orang-orang kaya. Bagaimana tidak, harga off-the-road model tersebut berdasarkan daftar harga Januari 2020 adalah Rp 1.309.000.000.

Lingkup area penjualan i3 sendiri, lanjut Jodie, masih berkutat di Jakarta. Sayangnya, ia tidak bersedia menyebut detail angka penjualan mobil listrik mungil tersebut sejak meluncur hingga saat ini.

“Sudah cukup banyak,” ujarnya singkat.

Sejauh ini, BMW sudah punya tiga mobil listrik di Nusantara. Di samping i3, ada plug-in hybrid (PHEV) i8 Coupe dan i8 Roadster. Menjelang Formula E di Monas pada 6 Juni nanti, BMW berencana meluncurkan mobil listrik baru yang masih dirahasiakan.

Untuk mendukung penjualan model-model di atas, merek otomotif asal Jerman ini telah membangun beberapa dealer BMW i yang bisa menangani penjualan dan purnajual mobil-mobil listrik mereka. Namun, persebarannya masih di Jakarta serta Serpong, Tangerang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support