BMW Akan Luncurkan Mobil Listrik Jelang Formula E di Monas

Berita Otomotif

BMW Akan Luncurkan Mobil Listrik Jelang Formula E di Monas

JAKARTA – BMW akan meluncurkan mobil listrik terbaru mereka di Indonesia menjelang balapan Formula E di Monumen Nasional, Jakarta pada tahun ini.

Indonesia, khususnya Jakarta, akan memulai debutnya sebagai tuan rumah balap mobil listrik Formula E pada 2020. Ibu Kota bakal menggelarnya pada 6 Juni mendatang.

Formula E Monas juga bakal menjadi momen bagi BMW untuk menerjunkan mobil listrik teranyar mereka di Nusantara. Model tersebut akan dirilis menjelang tanggal balapan.

“Peluncuran mobil listrik pastinya pada saat sudah mendekati Formula E,” ucap Jodie O’Tania, Director of Communication BMW Group Indonesia menjawab pertanyaan Mobil123.com usai peluncuran New MINI Clubman, John Cooper Works Clubman, plus John Cooper Works Countryman akhir pekan lalu di Jakarta.

Menurut dia, ada beberapa alasan mengapa pihaknya merasa Formula E Monas adalah momentum paling pas untuk melakukan hal tersebut. Pertama, BMW ialah salah satu pabrikan yang berpartisipasi dalam Formula E sekaligus partner global resmi balapan ini.

“Kemudian pada saat itu sudah pasti semua akan membicarakan mengenai kendaraan listrik. Jadi kami melihatnya sebagai momentum paling tepat kalau kami ingin bicara kendaraan listrik terbaru,” tukas dia.

BMW telah bergerak mempopulerkan mobil listrik di Indonesia sejak 2014, ketika memamerkan BMW i8 berteknologi plug-in hybrid (PHEV) dalam Indonesia International Motor Show (IIMS). Produsen otomotif asal Jerman ini lalu merilis i8 Coupe dua tahun setelahnya.

Langkah tersebut dilanjutkan dengan memperkenalkan i8 Roadster dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Kemudian, dalam GIIAS setahun setelahnya, giliran mobil listrik murni i3 meluncur.

BMW juga telah membangun beberapa dealer BMW i yang menangani penjualan maupun purnajual mobil listrik mereka. Namun, jumlahnya sejauh baru beberapa outlet saja dan lokasinya hanya di Jakarta serta Serpong, Tangerang.

Formula E Monas sendiri sempat menimbulkan polemik. Kementerian Sekretariat Negara sempat tak menyetujui penyelenggaraan di Monas karena statusnya sebagai cagar budaya.

Akan tetapi, mereka akhirnya melunak dan setuju dengan mengajukan empat syarat. Jakarta sudah mengunci kontrak penyelenggaraan Formula E mulai 2020 sampai 2024 mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support