BMW Akan Manfaatkan Formula E Jakarta untuk Populerkan Mobil Listrik

Berita Otomotif

BMW Akan Manfaatkan Formula E Jakarta untuk Populerkan Mobil Listrik

JAKARTA - BMW mengaku akan turut memanfaatkan Formula E Jakarta pada pertengahan tahun depan untuk mempromosikan mobil listrik mereka.

Seperti diketahui, Jakarta berhasil mengikat kerja sama sebagai tuan rumah Formula E mulai tahun depan hingga 2024. Tahun depan, Ibu Kota Indonesia ini akan menggelarnya pada 6 Juni.

Formula E Jakarta akan masuk dalam strategi BMW untuk sosialisasi dan edukasi mobil listrik mereka. Bahkan, ajang balap khusus mobil listrik ini dianggap bagian yang penting.

“Tahun depan kami masih akan terus komunikasikan (mobil listrik) terutama karena ada Formula E. Itu akan jadi ajang cukup penting bagi kami karena diadakan di Indonesia dan BMW menjadi salah satu partner otomotif resmi Formula E,” ucap Jodie O’Tania, Director of Communications BMW Group Indonesia ketika diwawancarai beberapa waktu lalu di Jakarta.

Seperti diketahui, Indonesia memang segera memasuki era mobil listrik. Pemicunya adalah Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 55 Tahun 2019 berisi gambaran umum 17 insentif untuk kendaraan listrik. Kemudian, pertengahan Oktober ini terbit Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 berisi detail insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) bagi mobil hybrid, mobil plug-in hybrid (PHEV), plus mobil listrik murni.

Di dalam PP tersebut juga dipastikan bahwa insentif PPnBM baru bakal berlaku mulai 2021. Beberapa pabrikan termasuk BMW Oktober ini juga telah menandatangangi nota kesepahaman pembangunan stasiun pengecasan mobil listrik dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN).

BMW Group Indonesia, menurut Jodie, sangat berkomitmen menghadirkan kendaraan-kendaraan listrik. Ini bisa dilihat dari status mereka sebagai merek pertama yang memperkenalkan kendaraan listrik, BMW i8 PHEV, sebagai mobil eksebisi dalam IIMS 2014.

Ini diikuti oleh peluncurannya pada 2016. Kemudian, pada 2018, giliran I8 Roadster mengaspal diikuti oleh mobil listrik murni i3 pada 2019.

“BMW juga satu-satunya yang menjual kendaraan listrik murni secara resmi di Indonesia (BMW i3),” tukas Jodie lagi.

Hingga kini BMW telah menyediakan pula dua dealer BMW i yang menangani penjualan dan servis mobil listrik. Dealer pertama terletak di Serpong, sedangkan yang kedua terletak di Tebet.

Dari sisi perencanaan produk, BMW juga masih akan memperkenalkan model-model kendaraan listrik mereka yang lain di Tanah Air pada 2020. Sayang, rincian model maupun detail waktunya belum diungkap.

“Tahun depan kami akan hadirkan beberapa kendaraan listrik lagi,” pungkas Jodie. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar