Anies Akhirnya Diizinkan Gelar Formula E di Monas dengan 4 Syarat

Berita Otomotif

Anies Akhirnya Diizinkan Gelar Formula E di Monas dengan 4 Syarat

JAKARTA – Setelah sempat dilarang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mendapat lampu hijau untuk menggelar Formula E di Monumen Nasional (Monas) pada 6 Juni 2020. Namun, ada 4 syarat yang mesti ia perhatikan.

Sekadar mengingatkan, beberapa waktu lalu Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) tak memberikan izin mengadakan Formula E di Kawasan Monas, dengan melihat statusnya sebagai cagar budaya. Ajang balap khusus mobil listrik tersebut hanya diperbolehkan menggunakan area luar Monas.

Entah apa yang terjadi di balik layar, sikap Kemensetneg akhirnya lumer. Institusi yang juga bertindak sebagai Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka kini mengizinkannya.

Hal ini diketahui dari salinan Surat Edaran Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka kepada Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta yang berhasil didapatkan Mobil123.com.

“Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka pada prinsipnya menyetujui rencana penyelenggaraan Formula E Tahun 2020 di Kawasan Medan Merdeka,” tulis mereka di dalam surat bernomor B – 3/KPPKMM/02/2020 itu.

Akan tetapi, pemerintah pusat memberikan beberapa hal untuk diperhatikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Ada empat persyaratan yang mesti mereka lakukan atau penuhi.

Pertama, perencanaan konstruksi lintasan, tribun penonton, dan fasilitas lain harus dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan antara lain Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cagar Budaya. Kedua adalah menjaga keasrian, kelestarian, vegetasi, pepohonan, dan kebersihan di Kawasan Medan Merdeka.

Ketiga ialah menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar Kawasan Medan Merdeka. Terakhir, Pemprov dituntut untuk melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan, dan kerusakan cagar budaya di Kawasan Medan Merdeka.

Formula E merupakan balap mobil listrik yang diikuti oleh banyak pabrikan otomotif global semisal Nissan, Mercedes-Benz, BMW, Audi, Jaguar, sampai Mahindra. Jakarta telah mengamankan posisi sebagai salah satu tuan rumah balapan hingga akhir masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta yakni 2024. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support