Test Drive Isuzu Traga

Review

Test Drive Isuzu Traga

JAKARTA - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengajak puluhan awak media nasional termasuk Mobil123.com, untuk mencoba dan membuktikan performa Isuzu Traga (09/05/2018).

Acara sendiri dimulai dari kantor pusat IAMI di wilayah Sunter, Jakarta Utara. Sebanyak 10 Isuzu Traga disiapkan bagi para awak media, untuk dibuktikan sejumlah keunggulannya. Mengawali kegiatan, rombongan mulai bergerak dari Sunter menuju Bogor, Jawa Barat. Medium pick-up Isuzu yang baru diluncurkan pada 23 April 2018 tersebut, menantang kami untuk menunjukkan kemampuannya.

Isuzu Traga dikatakan memiliki keunggulan terutama bagian kabin yang modern. Penempatan beberapa fitur seperti rem parkir dan tuas persneling layaknya mobil penumpang itu adalah impresi perdana kami. Sehingga dalam mengoperasikannya cukup nyaman, meskipun posisi berkendara tetap tegak dan tidak tersedia reclining seat.

Fitur AC (Air Conditioner) juga tidak tersedia, walaupun pada bagian dashboard terdapat ventilasi dan switch pendingin kabin. Maklum saja karena mobil ini basicnya adalah kendaraan pekerja yang tangguh.

Keunggulan lain dari Isuzu Traga adalah mesin. Medium pick-up tersebut menggunakan jantung mekanis berkode 4JA1-L yang dikenal tangguh dan irit bahan bakar. Mesin ini sangat akrab bagi pengguna Isuzu Panther nan legendaris di Tanah Air.

Feeling menggendarai Isuzu Traga memang terasa mirip seperti saudara tuanya tersebut (Panther). Mesin berkapasitas 2.500 cc direct injection ini dikatakan lebih mudah dalam melakukan perawatan. Bahkan disebutkan jika bengkel pinggir jalan saja bisa memperbaiki mesin tersebut.

Mesin yang bertenaga adalah syarat utama bagi mobil pekerja seperti Isuzu Traga. Karena kendaraan ini memang dirancang untuk membawa muatan banyak. Pihak IAMI mengatakan bahwa produk terbarunya tersebut mampu menampung beban hingga 1,5 ton, lebih banyak 0,3 ton dari kompetitornya.

Karena merupakan kendaraan pekerja dan Isuzu Traga yang kami kendarai tidak dipenuhi muatan, maka mobil terasa terlalu ringan juga melayang di jalan tol.

Baca juga : Isuzu Traga Dapat Respon Positif

Sesampainya di kota Hujan, Isuzu Traga langsung memasuki habitat aslinya. Kami menyambangi pasar Bogor untuk membeli berbagai keperluan. Meskipun tidak dalam jumlah besar, namun kegiatan ini merupakan gambaran yang akan dijalani Isuzu Traga sehari-hari nantinya.

Usai berbelanja di pasar tradisional, rombongan kemudian menuju kawasan Puncak, Cisarua. PT IAMI sengaja memilih rute Tapos yang menyuguhkan jalanan rusak, tanjakan terjal dan sempit. Hal ini sekaligus menjadi ajang pembuktian ketangguhan Traga.

Satu yang kami cermati adalah manuver dari Isuzu Traga cukup menyenangkan. Alat kemudi ringan dan nyaman untuk digenggam, sehingga kendaraan lebih mudah untuk meliuk-liuk di jalanan sempit. Kendati dimensi produk baru IAMI tersebut cukup panjang dan lebar.

Kesimpulannya menurut kami adalah Isuzu Traga calon kompetitor yang sepadan bagi Mitsubishi L300. Dengan menawarkan sejumlah fitur unggulan, medium pick-up IAMI tersebut percaya diri untuk setidaknya merecoki “kue” yang selama ini dikuasai produk berlambang Tiga Berlian. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual