Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Basis Produksi Mobil Kia di ASEAN Bukan Indonesia

Berita Otomotif

Basis Produksi Mobil Kia di ASEAN Bukan Indonesia

SEOUL - Produsen mobil Kia bakal bangun pabrik baru untuk dijadikan sebagai basis produksi bagi kawasan pasar Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Letak pabriknya bukan di Indonesia.

Diberitakan Maeil Business News Korea, Senin (11/9/2023), rencana tersebut sekarang ini masih dikaji. Menurut sumber yang dirahasiakan identitasnya, pabrik akan didirikan di Thailand dengan kapasitas tahunan sebayak 250.000 mobil.

Langkah ini dipandang sebagai bagian dari upaya untuk maju secara agresif di pasar ASEAN. Selain itu, sebagai strategi Hyundai Motor Group (HMG) selaku induknya untuk mendiversifikasi basis produksi globalnya.

Pabrik Mobil Kia

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, saat ini Kia sudah masuk dalam pembahasan mengenai rincian pembangunan pabrik mobil di Thailand. Ini adalah usaha pertama perusahaan membangun pabrik baru di luar Korea Selatan dalam empat tahun terakhir setelah sebelumnya membangun fasilitas produksi di India pada 2019.

Kia dan pemerintah Thailand diperkirakan akan menandatangani kesepakatan investasi pembangunan pabrik akhir tahun ini. Peletakan baru pertama proyek pembangunan pabrik kemungkinan dimulai pada paruh pertama tahun depan.

Kia saat ini memiliki lima pabrik mobil di luar Korea Selatan. Daftarnya, Amerika Serikat, Cina, India, Slovakia, dan Meksiko. Pabrik di Thailand akan menjadi basis produksi global keenamnya.

Sedangkan bagi HMG akan menjadi basis produksi kedua di ASEAN.

Sebelumnya, saudara dekat Kia, yaitu Hyundai sudah lebih dahulu mendirikan fasilitas produksinya di Indonesia pada tahun lalu. 

Kedatangan dua merek yang bernaung di bawah payung HMG ke Indonesia dan Thailand bukan tanpa alasan. Menurut mereka kedua negara tersebut merupakan pasar mobil terbesar yang berpotensi terus tumbuh. 

Berdasarkan data dari ASEAN Automotive Federation, pada semester pertama tahun ini Indonesia mencatatkan penjualan mobil sebesar 505.985 unit, disusul Thailand 406.131 unit, dan Malaysia 366.037 unit.

Di Indonesia sendiri Kia memang belum memiliki fasilitas produksi mobil. Sejauh ini, model mobil dari merek yang dibawa masuk oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) itu mengandalkan impor dari India dan Korea Selatan.

Namun, ada rencana perusahaan untuk membangun pabrik perakitan mobil di dalam negeri. Model yang bakal diproduksi serta letak pabriknya belum disebutkan. [Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Santo Evren

Santo Evren

Editor

Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang