Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pengiriman All New Daihatsu Xenia ke Diler Bulan Lalu Cuma 60 Unit! Ada Apa?

Berita Otomotif

Pengiriman All New Daihatsu Xenia ke Diler Bulan Lalu Cuma 60 Unit! Ada Apa?

TOMOHON – Distribusi All New Daihatsu Xenia ke diler pada Mei 2022 menurun drastis kalau dibandingkan sebulan sebelumnya. Bahkan, jumlahnya kemarin hanya puluhan unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan wholesales (distribusi ke diler/untuk stok) Xenia generasi terbaru sepanjang Mei 2022 hanya 60 unit.

Penurunannya mencapai 95,5 persen dari sebulan sebelumnya yang berjumlah 1.333 unit.

Daihatsu Xenia 2022

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso beralasan hal ini terjadi karena PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pabrikan harus menyeimbangkan produksi setiap model yang dirakit di sana.

Ia mengklaim penjualan retail (suplai diler ke konsumen) All New Xenia bulan lalu masih lebih dari 1.000 unit.

“Kami, kan, juga harus mengatur pembagian produksi di ADM supaya model-model lain yang dianggap membutuhkan suplai lebih tinggi. Harus dibagi ke sana,” ujar dia merespons pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive Daihatsu Sirion facelift, Selasa (21/6/2022) di Tomohon, Sulawesi Utara.

Sekadar mengingatkan, All New Xenia mengaspal di Tanah Air pada November 2021. Pada bulan itu, meluncur pula All New Toyota Avanza yang merupakan ‘saudara’ satu platform serta sama-sama dirakit di pabrik ADM.

Sebagai pembanding, distribusi All New Avanza ke diler pada Mei 2022 sebanyak 1.766 unit jika mengacu pada data Gaikindo. Namun, Hendrayadi menolak mengomentari apakah Daihatsu bulan lalu memang harus mengutamakan All New Avanza ketimbang All New Xenia.

“Saya tidak bisa mengomentari Avanza,” pungkas dia.

Toyota Avanza 2022

Bicara penjualan retail, Xenia menjadi kontributor terbesar ketiga bagi Daihatsu sepanjang Januari-Mei 2022.

Transaksi jual-beli kendaraan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini berjumlah 9.910 unit dan menyumbang 13,4 persen dari total penjualan merek asal Jepang tersebut selama lima bulan pertama 2022.

LMPV sendiri menjadi salah satu segmen terpopuler di pasar kendaraan penumpang Tanah Air. Selain diisi oleh duo Avanza-Xenia, segmen tersebut diisi pula oleh Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero.

Hyundai sejak 2019 juga sudah membeberkan rencana meluncurkan model LMPV. Isunya, model yang mereka siapkan adalah Stargazer yang foto-foto siluetnya sudah mulai dipublikasikan oleh Hyundai pekan lalu. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang