Awas Child Seat Punya Tanggal Kadaluwarsa, Cek Demi Buah Hati Anda

Berita Otomotif

Awas Child Seat Punya Tanggal Kadaluwarsa, Cek Demi Buah Hati Anda

JAKARTA - Child seat atau tambahan khusus anak-anak punya kadaluwarsa atau umur pakai. Segera lihat tahun pembuatannya, serta cek kondisi part-part vital pada child seat demi keselamatan buah hati Anda.

Di negara maju, menempatkan anak bayi dan balita di kursi khusus sudah menjadi keharusan. Setiap keluarga yang memiliki anak kecil hampir pasti memilikinya serta digunakan saat beraktivitas bersama dengan mobil.

Sementara di Indonesia, sudah banyak yang memiliki kesadaran untuk melindungi anak dengan kursi khusus tersebut. Namun sebagian lagi masih tidak menggunakannya, lebih memilih memangku si buah hati atau menempatkan di kursi yang ada di mobil. Padahal sungguh mengerikan apa yang terjadi pada anak saat terjadi kecelakaan tanpa menggunakan child seat.

Ada beberapa alasan kesadaran ini belum terbentuk, pertama tidak semua keluarga memiliki mobil yang joknya kompatibel dengan child seat. Lainnya masih sayang atau berfikir ulang untuk membeli kursi khusus tersebut karena harganya yang cukup mahal.

Cek Tanggal Kadaluwarsa Child Seat

Bagi Anda yang sudah memiliki child seat, ada hal wajib diperhatikan yakni tanggal kadaluwasanya. Ini karena terkait dengan keselamatan anak selama perjalanan menggunakan mobil.

Pertanyaannya, kenapa kursi anak ini memiliki tanggal kadaluwarsa?. Jawabannya tentu karena bagian-bagian vital yang berfungsi menjaga anak Anda punya tingkat keausan seiring lama atau seringnya penggunaan.

Pertama, hampir setiap menggunakan child seat tentu ada berulang kali menyesuaikan pajang tali pengaman ke tubuh anak berikut dengan locknya. Karenanya akan sering terjadi friksi atau gesekan di bagian-bagian tersebut satu sama lain dan dipastikan mengakibatkan keausan. 

Kedua, saat pemakaian kemungkinan besar Anda memberikan makanan atau minuman ringan yang berpotensi untuk tumpah ke child seat dan harus dibersihkan. Saat dibersihkan berulangkali dengan menggosok-gosok tentu berpotensi merusak bahan atau serat pada material jok.

Ketiga, hampir pasti Anda sering meninggalkan child seat di mobil saat parkir terutama di parkir terjemur di bawah panas matahari. Seiring dengan berjalannya waktu tentu ini akan membuat rapuh material komponen karena terkena panas kabin yang cukup tinggi.

Saat ketiga hal tersebut terjadi, pemilik child seat harusnya segara menyadari mengapa child seat memiliki tanggal kadaluwarsa. Tentu siapa pun tidak mau mempercayakan keselamatan anak kesayangan pada barang yang dipertanyakan kondisi atau kualitasnya karena sudah dimakan usia.

Child seat punya tanggal kadaluwarsa

Lalu sampai berapa lama child seat perlu diganti baru?. Jawabannya tentu tergantung perawatan juga pemakian serta kualitasnya, apakah child seat Anda ciptaan produk yang terkenal atau ternama dan biasanya memiliki harga lebih mahal dibandingkan merek lain.

Biasanya kursi khusus anak ini memiliki masa pakai sekitar 6 tahun sejak tanggal pembuatan, namun ada juga pabrikan yang mengklaim produknya tahan hingga 10 tahun. Jadi pastikan Anda melihat tanggal pembuatannya sebelum membeli dan biasanya keterangan tersebut tertera di kursi.

Jika membeli bekas, hal yang sama tentu wajib dilakukan. Misalnya, Anda membeli child seat produksi tahun 2018 maka siap-siap untuk menggantinya pada 3 tahun ke depan.

Terakhir, biasanya memang ada harga ada rupa alias semakin mahal, child seat akan semakin berkualitas. Dan memang Anda harus menebusnya dengan harga mahal, namun yakinlah child seat merupakan investasi berharga untuk generasi penerus kita semua.

Pastikan anak mendapatkan yang terbaik sesuai dengan kemampuan Ada. Intinya sekali lagi, "masa buat anak coba-coba dan tidak kasih yang terbaik?". [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar