Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Astra Otoparts Mulai Pesiapan Hadapi Era Mobil Listrik

Berita Otomotif

Astra Otoparts Mulai Pesiapan Hadapi Era Mobil Listrik

JAKARTA – PT Astra Otoparts (Astra Otoparts) menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa langkah untuk menyambut teknologi baru di dunia otomotif.

Langkah ini dinilai perlu dilakukan agar mereka tidak tertinggal dengan teknologi yang dibutuhkan masa depan. Terlebih, teknologi kendaraan saat ini dinilai berkembang cukup pesat baik di Indonesia maupun di dunia.

“Kami sebagai produsen komponen kendaraan tidak mau dengan adanya teknologi baru tiba-tiba menjadikan kami hilang atau otomatis tereliminasi karena tidak ada produk yang suplay. Tentunya kami sudah melakukan persiapan ke arah sana, tapi tentunya kami harus bekerjasama. Tapi saya tidak bisa sampaikan dengan siapa karena akan melanggar perjanjian,” tutur Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Presiden Direktur Astra Otoparts.

Ia pun mengaku bahwa saat ini pihaknya sudah memiliki divisi R&D untuk mengadapi pengubahan yang terjadi di masa depan. Namun divisi tersebut terbilang belum cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan industri.

“Tentunya selain kami melakukan pengembangan sendiri, kami juga merasa perlu berkolaborasi dengan perusaan lain. Tapi memang tidak bisa kami sampaikan apa-apa saja karena ini bagian dari perjanjian dengan perusahaan lain,” jelasnya.

Saat ini isu yang paling menjadi perhatian menurutnya adalah mobil listrik. Teknologi ini dinilai akan sangat mempengaruhi kondisi industri otomotif Indonesia karena di mobil tersebut hanya ada baterai dan motor listrik. Dengan ini maka komponen yang dibutuhkan dinilai terbilang sangat rendah dibandingkan mobil saat ini.

“Kami pernah menyampaikan (pada Pemerintah) bahwa kami inginya Indonesia melalui tahapan hybrid lebih dulu daripada ke mobil listrik. Karena industri perlu waktu untuk menyesuaikan pengubahan yang besar. Bayangkan mobil tanpa mesin dan diganti hanya dengan baterai dan motor listrik, tentunya ini pengubahan drastis,” tegas Hamdhani. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang