Aprilia GPR250R Bakal Saingi Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja ZX-25R

Berita Otomotif

Aprilia GPR250R Bakal Saingi Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja ZX-25R

JAKARTA – Aprilia meluncurkan GPR250R untuk para biker pemula dan sengaja dikembangkan untuk pasar Asia yang cukup gemuk akan sport 250 cc.

Beberapa tahun belakangan ini pabrikan motor Eropa melakukan kerja sama dengan manufaktur di India dan China. Ini berkaitan dengan pengembangan produk untuk menggapai pangsa pasar yang lebih luas.

Di Asia, pasar motor kelas menengah hingga bawah cukup favorit. Motor di kelas ini menjadi jembatan para biker sebelum beralih ke motor gede (moge). Konsumennya sendiri didominasi oleh kaum milenial yang tengah mencari jati diri.

Jika BMW dan KTM memilih India sebagai basis produksi motor menengah hingga bawah, Aprilia bekerja sama dengan pabrikan motor asal China. Kedua negara tersebut dipilih karena memiliki sumber daya yang berkualitas dan tentunya ongkos produksi yang murah.

China dan India sendiri merupakan negara dengan potensi pasar yang sangat luas. Tidak sedikit merek-merek asal Eropa yang bisa meraup keuntungan besar di sana.

Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh Aprilia yang merupakan salah satu pabrikan motor asal Italia. Mereka mencoba peruntungan dengan menawarkan GPR250R untuk sementara di pasar China saja.
Aprilia GPR250R

Aprilia GPR250R hadir untuk menantang kompetitor sekelasnya seperti Honda CBR250RR, Kawasaki ZX-25R, KTM RC250, dan Yamaha R25. Melalui produk terbarunya ini, mereka berharap bisa terus memperluas pasar khususnya di benua Asia.

Motor ini dibuat dengan bahasa desain yang serupa dengan produk-produk menengah hingga atasnya, seperti RS660 dan RSV4. Apa yang dilakukan oleh Aprilia tentunya untuk menaikkan gengsi dan pada akhirnya diharapkan mampu menarik minat konsumen.

Aprilia RSV4 dan RS660 identik dengan tiga unit lampu utama (headlight) di area fascia. Hal ini pula yang diterapkan pada Aprilia GPR250R sehingga tampak sangar bak sebuah motor balap.

Jika para kompetitornya telah mengadopsi mesin 250 cc 2-4 silinder, Aprilia GPR250R masih mengandalkan mesin satu silinder yang disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Mesin tersebut dikatakan mampu menyemburkan tenaga 26 hp. Besaran tenaga ini masih jauh di bawah Kawasaki Ninja ZX-25R yang digadang-gadan mampu mencapai 50 hp.

ApriliaGPR250R dipasarkan dengan banderol 4.144 dolar AS atau sekira Rp60 jutaan. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar