Kawasaki Kembangkan Ninja ZX-4R Berbasis ZX-25R

Berita Otomotif

Kawasaki Kembangkan Ninja ZX-4R Berbasis ZX-25R

JAKARTA – Kawasaki dikabarkan tengah mengembangkan Ninja ZX-4R, dengan menggunakan basis ZX-25R yang saat ini cukup sukses di beberapa negara.

Kawasaki ZX-25R menjadi buah bibir banyak orang di dunia karena mengusung mesin 250 cc empat-silinder. Motor ini kemudian pertama kalinya hadir di Tokyo Motor Sport (TMS) 2019 dan semakin ramai menjadi perbincangan warganet.

Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia sendiri sempat terkendala pandemi covid-19. Namun kehadiran kendaraan sensasional ini di Tanah Air tidak menurunkan popularitasnya di mata para penggemar motor sport.

Setelah sukses dengan ZX-25R, brand asal Jepang tersebut dikabarkan tengah mengembangkan Ninja ZX-4R. Raungan mesin yang bisa menembus 17.000 rpm menjadi salah satu daya tarik dari mesin empat-silinder segaris berkapasitas kecil.

Sejatinya geng Hijau (sebutan Kawasaki) tidak akan mengalami kesulitan berarti dalam mengembangkan mesin 400 cc empat-silinder segaris. Terlebih sudah ada contoh mesin yang serupa sebelumnya. Fokusnya bisa dialihkan pada ECU untuk bisa menghasilkan mesin yang berperforma luar biasa.

Sayangnya sukses Kawasaki Ninja ZX-4R diprediksi tidak bisa sesukses ZX-25R. Hal ini dikarenakan beberapa negara menerapkan regulasi mesin yang cukup ketat.
Kawasaki Ninja ZX-25R

Seperti di Indonesia salah satunya yang menerapkan aturan pajak yang berbeda untuk motor di atas 250 cc. Inggris dan beberapa negara di Eropa juga menerapkan hampir serupa. Ninja ZX-4R akan mengalami kesulitan untuk masuk Eropa.

Kawasaki Ninja ZX-4R menurut rencana akan diproduksi di Jepang, meskipun belum ada keterangan pasti. Berbeda dengan adiknya ZX-25R yang diproduksi di Thailand dan Indonesia. Namun keduanya tetap memiliki perbedaan perlakuan karena kapasitas mesin.

Biaya kirim atau impor Kawasaki Ninja ZX-4R Eropa akan lebih mahal jika produksi kendaraan di Jepang. Berbeda kondisi dengan Yamaha YZF-R7 2021 yang diproduksi di pabrik Yamaha Eropa.

Bagaimanapun Kawasaki Ninja ZX-4R digadang-gadang akan menjadi amunisi baru mereka di kejuaraan World Supersport (WSS) 300. Motor ini akan melawan KTM RC390, Yamaha R3 dan Honda CBR500R. Tentunya kabar ini akan menjadi sangat menarik karena kelas tersebut cukup banyak peminatnya karena cocok untuk pembinaan bibit muda pembalap. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar