Apple Masih Cari Partner Bikin Mobil! Kini Bicara dengan 2 Pabrikan China

Berita Otomotif

Apple Masih Cari Partner Bikin Mobil! Kini Bicara dengan 2 Pabrikan China

WASHINGTON D.C – Apple terus berkomunikasi dengan berbagai ‘pemain’ industri otomotif global demi ambisi membuat mobil, khususnya mobil listrik. Kini, dua pabrikan dari China mereka ajak bicara.

Satu, menurut Carscoops baru – baru ini dengan mengutip laporan Reuters, adalah pabrikan pembuat baterai mobil listrik CATL. Ini adalah produsen baterai mobil listrik terbesar sejagad yang juga telah berkomitmen investasi bikin pabrik di Indonesia.

Adapun pihak kedua yang diajak berdiskusi ialah pabrikan mobil BYD.

Diskusi dengan CATL maupun BYD, menurut empat sumber yang enggan diungkap identitasnya, bersifat non-binding alias tidak mengikat. Dijelaskan pula bahwa perusahaan teknologi asal Amerika ini tertarik menggunakan baterai lithium ion phosphate untuk ‘Apple Car’—julukan publik pada calon mobil Apple—kelak.

ilustrasi Apple Car

Baterai jenis ini lebih murah, tapi menawarkan jarak tempuh lebih panjang. Tesla pun dilaporkan tertarik menggunakannya untuk mobil listrik produksi China.

Apple sebelumnya dilaporkan berdiskusi dengan berbagai nama besar. Dua nama yang terungkap oleh media yakni Hyundai serta Nissan.

Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini disebut punya syarat besar dalam diskusi dengan CATL. Pabrik perakitan mesti berlokasi di ‘Negeri Paman Sam’ salah satunya agar mendapatkan insentif yang kini sedang diajukan Presiden Joe Biden.

Partner diskusi dikatakan ragu mengenai poin ini. Pasalnya, mereka khawatir nasib pabrik kalau tensi antara pemerintah China dengan Amerika meningkat.

Apple sejauh ini belum mengonfirmasi rencana membuat mobil. Hanya saja, CEO Apple Tim Cook beberapa waktu lalu sempat berbicara mengenai peluang yang dimiliki oleh mobil otonom.

“Kemampuan bertindak otonom, menurut pandangan saya, adalah teknologi inti. Jika Anda melangkah sedikit ke belakang, dalam banyak hal mobil bisa dilihat sebagai robot. Mobil otonom pun sebuah robot. Banyak hal bisa Anda buat dengan mobil otonom dan kita lihat apa yang akan dilakukan oleh Apple,” papar dia.

“Kami menginvestigasi banyak hal di internal kami. Banyak di antaranya yang tidak terealisasi. Tapi saya tidak mengatakan bahwa kemungkinannya tidak ada,” lanjut Cook.

Apple konon punya target membuat Apple Car pada 2024. Bukan hanya mereka saja produsen smartphone yang tertarik membuat mobil karena ada juga dua nama asal China yakni Xiaomi dan Oppo. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar