Hyundai – Apple Diskusikan Peluang Bikin Mobil Listrik Bareng, Apakah Apple Car?

Berita Otomotif

Hyundai – Apple Diskusikan Peluang Bikin Mobil Listrik Bareng, Apakah Apple Car?

SEOUL – Apple dilaporkan sedang mengajak Hyundai berkolaborasi mengembangkan serta memproduksi mobil listrik. Isu mengenai ambisi mereka membuat Apple Car pun naik lagi ke permukaan.

Apple, menurut Korea Economic Daily, telah mengajukan proposal kerja sama kepada Hyundai. Laporan dari media massa ‘Negeri Ginseng’ itu menyebut proposal kolaborasi dari Apple termasuk produksi mobil listrik dan juga pengembangan baterai.

Mobil listrik di dalam rencana Apple ini disebut-sebut berpotensi mengaspal pada 2027. Korporasi teknologi asal Amerika Serikat ini sayangnya menolak memberikan tanggapan, tetapi perwakilan Hyundai Motor Corporation kepada CNBC.com mengakui adanya pembicaraan antara pihaknya dengan Apple.

“Kami mengerti bahwa Apple saat ini sedang berdiskusi dengan berbagai pabrikan mobil global, termasuk Hyundai Motor. Pembicaraan ini masih dalam tahap awal sehingga belum ada keputusan apa pun,” ucap dia.


Hyundai belakangan merilis pernyataan resmi mengenai penjajakan kerja sama dengan pihak eksternal. Kendati begitu, mereka sama sekali tidak membawa-bawa Apple dalam keterangan pers ini.

“Kami telah menerima permintaan menyangkut potensi kolaborasi dari beragam perusahaan untuk pengembangan mobil listrik berteknologi otonom. Namun, tidak ada keputusan karena pembicaraan masih dalam fase awal,” papar salah satu dari lima pabrikan mobil terbesar dunia ini.

Hyundai kini bergerak amat agresif untuk memperluas bisnis serta meningkatkan riset dan pengembangan teknologi mobil-mobil mereka. Di antara banyak pergerakan mereka adalah membangun pabrik di Indonesia sebagai basis produksi pertama di Asia Tenggara, pun membeli perusahaan robot Asal Amerika Serikat.

Spekulasi mengenai Apple Car (Mobil buatan Apple—Red) sendiri sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Akan tetapi, belum ada suatu realisasi konkret sejauh ini.


“Dalam enam tahun terakhir kita melihat banyak lika-liku maupun perubahan arah dalam ambisi Apple di sektor otomotif. Ambisi yang di internal mereka bernama Project Titan ini sudah diperkecil skalanya secara siginifikan beberapa tahun lalu dari rencana awal dan sekarang mulai diperhatikan lagi,” ucap Daniel Ives, Analis dari Wedbush Securities.

Reuters pada bulan lalu melaporkan Apple terus melanjutkan ambisi mereka di sektor otomotif, dalam hal ini mobil listrik otonom. Pembuat iPhone ini disebut ingin memproduksi kendaraan penumpang dengan logo Apple pada 2024, dengan sebuah terobosan pada teknologi baterai. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar