Susul Xiaomi dan Huawei, Produsen Smartphone China Oppo Mau Bikin Mobil

Berita Otomotif

Susul Xiaomi dan Huawei, Produsen Smartphone China Oppo Mau Bikin Mobil

BEIJING – Produsen smartphone asal China yang bikin mobil di masa depan mungkin bertambah. Pasalnya, Oppo berencana masuk ke industri otomotif.

Sebelumnya, Xiaomi dan Huawei sudah melakukan hal tersebut. Xiaomi melakukannya pada 2019 dengan meluncurkan Redmi Car.

Huawei, di sisi lain, mengejutkan Shanghai Auto Show 2021 dengan merilis Seres SF5.

Huawei Seres SF5

Kini, menurut Carscoops dengan mengutip Car News China, Oppo bersiap menyusul kedua kompatriotnya tersebut. Oppo sendiri merupakan merek smartphone yang cukup punya nama khususnya di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Merek itu berada di bawah kontrol BBK sebagai pabrikan smartphone terbesar dunia asal ‘Negeri Tirai Bambu’.

Misi Oppo terjun ke industri otomotif kabarnya diotaki oleh Tony Chen sebagai Co-founder dan Chief Executive Officer (CEO) mereka. Dalam beberapa pekan ke depan, ia akan mulai merekrut orang – orang dari rantai suplai otomotif.

Dalam sebuah wawancara, Chen mengakui tertarik membawa Oppo merambah dunia otomotif.

“Bahkan di industri perakitan mobil, kami akan fokus pada area di mana Oppo bisa memiliki performa baik. Jika pabrikan – pabrikan mobil tidak bisa membangun kendaraan yang cukup bagus di sebuah bidang dan Oppo punya kekuatan di sana, kami bakal mencobanya di masa mendatang,” ucap dia.

Chen dilaporkan sudah bertemu dengan CATL, produsen baterai mobil listrik dunia asal China, beberapa waktu lalu. Ia diyakini sedang membangun tim berisi para ahli mobil otonom.

Salah satu anggota tim yang disebut – sebut media massa setempat adalah Eric Guo. Dia sebelumnya bekerja di startup pembuat mobil listrik China bernama Xpeng.

Oppo kabarnya juga telah mendaftarkan hak paten teknologi – teknologi mobil otonom. Termasuk di antaranya adalah perangkat elektronik menyangkut pemosisian mobil, teknologi kamera, maupun peranti keras untuk mengukur jarak.

Oppo dilaporkan melakukan riset di sebuah fasilitas di wilayah Chengdu.

Jika melihat Xiaomi dan Huawei, bisa jadi Oppo tidak akan merakit mobil seorang diri. Redmi Car, misalnya, merupakan versi ganti logo alias rebadge dari mobil China Bestune T77.

Xiaomi Redmi Car

Seres SF5 pun hasil kolaborasi Huawei dengan rekan senegara bernama Cyrus. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar