Bos Toyota Kasih Peringatan ke Apple: Bisnis Mobil Enggak Gampang!

Berita Otomotif

Bos Toyota Kasih Peringatan ke Apple: Bisnis Mobil Enggak Gampang!

TOKYO – Orang nomor satu di Toyota memberi peringatan ke bos Apple, terkait rencana mereka terjun ke industri otomotif.

Akio Toyoda selaku Presiden Toyota Motor Corporation, menurut laporan Bloomberg, menyinggung persiapan Apple Inc., untuk masuk ke dunia otomotif. Menurutnya, industri otomotif terbuka terhadap pendatang baru.

Akan tetapi, ada banyak hal di dalamnya selain pengetahuan dan kemampuan di bidang teknologi.

“Setelah membuat kendaraan, saya mewanti-wanti agar mereka bersiap menghadapi berbagai konsumen serta banyaknya perubahan dalam 40 tahun terakhir,” tegas dia dalam konferensi pers yang digelar Japan Automobile Manufacturer Association (JAMA), 11 Maret 2021 di Tokyo.

Toyoda sendiri merupakan Chairman dari JAMA.

Akio Toyoda

Apple beberapa waktu lalu diketahui berdiskusi dengan pabrikan – pabrikan otomotif dunia, untuk menjajaki kerja sama memproduksi Apple Car. Salah satu nama tersohor yang mereka ajak berbicara adalah Hyundai.

Toyoda, dalam konferensi pers, menyebut Apple berpotensi ‘meniupkan napas baru’ ke industri otomotif. Mereka juga dapat memberikan konsumen pilihan lebih luas.

Kendati begitu, lanjut cucu pendiri Toyota tersebut, Apple juga wajib mempersiapkan dengan matang siklus hidup dari kendaraan. Ini termasuk urusan purnajual serta scrapping atau pengolahan limbahnya.

Ini bukan pertama kalinya Toyoda berkomentar cukup lugas serta tajam mengenai korporasi lain. Sebelumnya, pada November 2020, dia menyebut Tesla tidak membuat produk yang sesungguhnya.

Mobil Listrik Tesla Model 3

Tesla, kata Toyoda, mungkin menang dari Toyota dalam hal nilai perusahaan di pasar saham. Tetapi, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut dibilang ‘tidak punya pengalaman membuat lebih dari 100 juta kendaraan’.

Lebih lanjut, Apple tidak cuma memancing komentar dari pemain besar asal Jepang. Satu raksasa otomotif lain dari Jerman juga menanggapi pergerakan Apple.

Herbert Diess, Chief Executive Officer Volkswagen, dalam sebuah wawancara dengan Harian Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung pada Februari 2021, menegaskan tidak khawatir terhadap niat Apple menjajal industri otomotif. Menurut dia, industri otomotif berbeda dengan industri teknologi dan Apple ‘tidak akan bisa berhasil menggenggamnya dalam satu malam’. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar