Apes, Lamborghini Vintage Ini Masuk Jurang Tak Lama Setelah Dibeli

Berita Otomotif

Apes, Lamborghini Vintage Ini Masuk Jurang Tak Lama Setelah Dibeli

SIDNEY - Memiliki supercar vintage seperti Lamborghini Diablo adalah sebuah prestise. Malang, seorang pria di Australia yang tak disebutkan namanya secara tak sengaja malah ‘membawa’ Diablo miliknya masuk jurang tak lama setelah dibeli.

Diablo tersebut seperti terlihat di akun Facebook Australia Crash Investigation Unit, masuk jurang sedalam lima meter di tepi jalan dan hancur dalam sebuah insiden pada awal pekan ini. Sang pengemudi, berdasarkan keterangan dari saksi mata, terlihat kehilangan kehilangan kontrol ketika mengendarainya di Fowler Road, Illawong, Sidney Selatan.

Tidak dijelaskan apa yang menyebabkan ia tiba-tiba tidak bisa mengendalikan ‘Sang Iblis’ ini. Mayoritas kerusakan supercar-nya sendiri, jika melihat foto-foto yang diunggah, berada di sektor fascia depan. Bonnet- Diablo penyok parah dan kaca depan pecah berkeping-keping.

Kerusakan serius juga terjadi di atap, pintu, dan salah satu panel di seperempat belakang bodi. Orang di bali setir kemudi masih cukup beruntung. Pasalnya, ia tidak mengalami cedera serius.

“Pengemudinya terus meratapi kecelakaan dan bilang ‘mobil itu baru dibeli, mobil itu baru dibeli’,” tulis administrator akun Facebook yang menjadi sumber informasi.

Diablo, meski berusia cukup sepuh, memang tidak bisa dianggap enteng. Tenaga besar yang menyembur dari mesinnya membutuhkan perhatian dan kemampuan mengemudi cukup.

Tidak disebutkan secara detail tipe Diablo yang rusak parah tersebut. Melihat gambar-gambarnya, kemungkinan itu adalah generasi pertama yang diperkenalkan pada 1990-an.

Jika benar, sistem penggeraknya mengandalkan mesin V12 yang diletakkan di tengan bodi (mid-engine) dengan kapasitas yang besar (5.7-liter). Gelontoran dayanya mampu mencapai 485 hp dengan torsi hingga 580 Nm. Tenaga disalurkan kepada kedua roda belakang.

Akselerasi 0-100 km/jam bisa digapai hanya dalam 4,5 detik. Kecepatan puncaknya bisa menyentuh 325 km/jam di tangan pengemudi yang ahli.

Ingat pula bahwa Diablo diciptakan di masa-masa sebelum supercar mempunyai sistem elektronik canggih yang bisa menutupi ketidakahlian dari orang di balik lingkar kemudi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support