Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All New Toyota Vios Segera Meluncur di Indonesia, Rakitan Lokal atau Impor?

Berita Otomotif

All New Toyota Vios Segera Meluncur di Indonesia, Rakitan Lokal atau Impor?

JAKARTA – Toyota Vios generasi termutakhir bersiap meluncur di Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Kira-kira, modelnya masih akan dirakit lokal atau beralih diimpor, ya?

All New Vios dijadwalkan mengaspal di Tanah Air pada pertengahan pekan ini, tepatnya pada Rabu (12/10/2022) siang. Seremoninya bakal diadakan secara virtual.

Hal tersebut diketahui dari invitasi yang diterima Mobil123.com via surel pada akhir pekan lalu.

“Melalui surat ini PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengundang rekan-rekan media untuk mengikuti acara Media Gathering All New Vios,” tulis jenama tersebut sambil menyebutkan tanggal plus waktunya.

Dalam acara tersebut, isu penyetopan produksi Vios di pabrik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bisa jadi akan terjawab.

Dugaan sendiri muncul gara-gara beredarnya sebuah video pada awal Agustus kemarin yang memperlihatkan para pekerja sebuah pabrik mengatakan ‘sayonara Vios’. Mereka juga membentangkan spanduk ucapan terima kasih kepada Vios karena telah menjadi ‘bagian dari sejarah sukses berdirinya ‘plant 2’.

Para eksekutif Toyota, baik di TAM maupun di TMMIN, hingga detik ini menolak mengomentarinya.

Sebagai informasi, Vios generasi pertama menjalani debut di Indonesia pada 2003 silam. Lalu, generasi keduanya hadir pada 2007-2013.

Generasi ketiga eksis mulai 2013 hingga sekarang. Per 2014, Vios pun berganti status dari produk impor unit utuh (Completely Built Up/CBU) menjadi rakitan lokal (Completely Knocked Down/CKD) di pabrik TMMIN.

All New Vios alias Vios generasi keempat yang segera meluncur di Indonesia sendiri baru menjalani debut global beberapa bulan lalu, tepatnya pada 9 Agustus 2022. Kemunculan perdananya terjadi di Thailand dan sedan entry-level Toyota tersebut dijual dengan nama Toyota Yaris Ativ.

Sebagai generasi teranyar, Vios mendapatkan diferensiasi dari berbagai sisi mulai dari tampilan eksterior, interior, dimensi, sampai teknis. Pesaing Honda City itu, misalnya, kini dibangun di atas platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Adapun fitur-fitur All New Vios di Thailand antara lain Head Unit 9 Inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Air Filter PM 2.5, Ambient Light dengan 64 pilihan warna, Meter Cluster Digital TFT 7 Inci, Automatic AC, Electric Parking Brake, Automatic Braking System, Push Start Button, USB Power Socket di baris pertama dan kedua.

Dapur pacu Vios terkini dibekali mesin bensin 1.2-liter Dual VVT-iE, empat silinder, berdaya 93 hp plus torsi 110 Nm. Padanannya antara lain transmisi otomatis CVT-i. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang