Toyota Vios Meluncur, Tawarkan Mesin dan Transmisi Baru

Mobil Baru

Toyota Vios Meluncur, Tawarkan Mesin dan Transmisi Baru

SHAH ALAM – Toyota meluncurkan Toyota Vios terbaru di Malaysia dengan beberapa perubahan penting.

Dilansir dari Carlist.my, perubahan paling besar dari Vios kali ini adalah digunakannya mesin dan transmisi baru serta ditingkatkannya fitur keselamatan yang telah mengimplementasikan electronic stability control sebagai fitur standard di semua varian.

Mesin yang kini digunakan Vios adalah 1.5L 2NR-FE engine, menggantikan 1.5 1NZ-FE engine. Jika dibandingkan mesin sebelumnya, Dual VVT-I telah mendapat penambahan variable valve timing pada katup knalpot. Pengapian pun dilakukan dengan busi iridium dengan kelas lebih tinggi untuk menciptakan pembakaran lebih baik.

Artikel bersambung dibawah

Sayangnya, tenaga yang dihasilkan dari mesin baru ini justru lebih rendah ketimbang mesin sebelumnya. Mesin ini hanya mampu memproduksi tenaga sebesar 105 hp dan torsi mencapai 140 Nm. Sementara pada mesin yang lama, Vios dapat bergerak dengan bekal tenaga sebesar 107 hp dan torsi mencapai 141Nm.

Mesin baru yang disematkan membawa Toyota bergerak untuk menggunakan transmisi baru yaitu CVT. Transmisi ini menggantikan transmisi empat percepatan otomatis. Toyota mengklaim bahwa kombinasi mesin dan transmisi baru ini mampu membuat konsumsi BBM turun sebesar 18 persen dibanding sebelumnya.

Fitur keselamatan pun kini sudah lebih lengkap dengan hadirnya dual airbags, ABS dan EBD serta penambahan electronic stability control sebagai fitur standar pada semua Vios terbaru. Sementara kamera belakang, telah tersedia di 4 dari 6 varian. Selain itu, ada juga knee brace di bawah dashboard yang diklaim dapat memininalkan cedera kaki untuk pengemudi saat terjadi kecelakaan fatal.

Sementara dari sisi eksterior, perubahan yang dilakukan Toyota tidaklah banyak. Mereka hanya kenambahkan beberapa ornament agar membuatnya sedikit berbeda dibanding model sebelumnya. Sebut saja penambahan halogen reflector headlights, LED daytime running lights serta door visor yang merupakan aksesoris baru.

Masuk ke dalam kabin, Vios kini dilengkapi dengan push button start, 2-DIM headunit with Bluetooth connectivity, 4 speaker dan front footwell illumination. Vios tersedia dengan 6 varian dan dijual mulai dari harga RM 76. 500 (Rp 240,2 juta) hingga RM96,400 (Rp 302, 6 juta). [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support