Aktif Lagi di Bawah Indomobil, Kia Targetkan 33 Dealer pada 2020

Berita Otomotif

Aktif Lagi di Bawah Indomobil, Kia Targetkan 33 Dealer pada 2020

JAKARTA – Kia bergerak kembali di bawah Indomobil Group mulai pertengahan November. Informasi pertama mereka adalah rencana perluasan dealer plus susunan manajemen.

Grup bisnis tersebut, melalui keterangan resmi pada Rabu (13/11/2019), mengumumkan bahwa mulai November 2019 Kia sudah kembali aktif di Indonesia, sebulan lebih lama dari informasi mereka sebelum ini. Indomobil berencana menambah dealer Kia menjadi 33 di seluruh Nusantara.

Saat ini, Kia masih memiliki 24 dealer aktif di seluruh Indonesia. Sebanyak enam di antaranya terletak di Provinsi DKI Jakarta, enam lainnya di Jawa Barat, Banten serta Jawa Tengah masing-masing punya dua, DIY Yogyakarta punya satu, Jawa Timur memiliki empat outlet.

Bali, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan masing-masing punya satu outlet. Jaringan ini menjual Picanto, Rio, Grand Sedona, Big-Up K2700 (LCV).

Sekadar mengingatkan, pada Mei 2019 Indomobil Group menyampaikan pembentukan perusahaan patungan bernama PT. Kreta Indo Artha yang akan menangani Kia. Merek asal Korea Selatan ini sendiri, sebelum diambil alih, mengalami kesulitan keuangan sehingga sulit berkembang dan bergerak di pasar otomotif nasional.

Dealer-dealer resmi mereka sampai tutup, salah satunya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Mereka juga keluar dari keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) karena tak mampu membayar iuran.

PT. Kreta Indo Artha sendiri merupakan perusahaan patungan Indomobil Group dengan PT. Sarimitra Kusuma Ekajaya. Modal Dasar usaha patungan adalah Rp 100 miliar dengan modal ditempatkan dan disetor Rp 25 miliar.

Indomobil Group memiliki 60 persen saham perusahaan patungan, dengan porsi modal ditempatkan dan disetor dari mereka sebanyak Rp 15 miliar. Adapun PT. Sarimitra Kusuma Ekaja mempunyai 40 persen sisanya dengan kontribusi modal ditempatkan dan disetor Rp 10 miliar.

Lebih lanjut, berdasarkan pernyataan pers, Bambang Subijanto ditunjuk sebagai Komisaris PT. Kreta Indo Arta. Andrew Nasuri dan Meike Tumbelaka masing-masing menjabat Presiden Direktur serta DIrektur dari distributor resmi terbaru Kia ini.

“Dengan bangga kami sampaikan bahwa saat ini jaringan distribusi yang terdiri dari 24 jaringan penjualan dan purnajual Kia di Indonesia, telah resmi menyatakan dukungan dan kesiapan mereka untuk bekerja sama dengan PT Kreta Indo Artha sejak penunjukan resmi keagenean tunggal yang dilakukan pada bulan Mei 2019 yang lalu.  PT Kreta Indo Artha merasa optimis dengan potensi serta pertumbuhan Kia di Indonesia, yang merupakan pasar penting dan strategis yang menjadi salah satu fokus ekspansi usaha Kia Motors Corporation di kawasan ini,” tukas Andrew. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support