Aki Kering Ternyata Tetap Butuh Perawatan Khusus

Berita Otomotif

Aki Kering Ternyata Tetap Butuh Perawatan Khusus

JAKARTA – Aki maintenance free atau jamak disebut aki tanpa perawatan (aki kering) terkenal karena pelanggan tidak perlu pusing untuk merawat aki tersebut.

Namun pandangan tersebut rupanya tidak sepenuhnya benar. Pasalnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pengguna aki kering agar aki yang mereka gunakan bisa bekerja secara optimal hingga saat penggantian nanti.

“Kalau aki kering perawatannya memang tidak serumit aki basah. Cara mereawatnya cukup dilihat apakah di terminalnya ada kotoran berwarna putih atau tidak. Kalau ada, maka cukup dibersihkan dengan air panas saja sudah cukup,” ungkap Muksin, Technical Operasional Fast Pancoran.

Kotoran putih tersebut bisa menyebabkan daya hantar arus listrik berkurang. Akibatnya, kelistrikan di dalam mobil bisa terganggung bila terlalu banyak menumpuk. Meski demikian, perawatan tersebut jauh lebih ringan ketimbang merawat aki basah.

Namun, meski perawatan lebih mudah dan sederhana, aki kering memiliki usia yang tidak lebih panjang dibandingkan aki basah. Umumnya, usia aki kering hanya mencapai satu hingga satu setengah tahun dan aki pun harus diganti.

Untuk itula Ia menyarankan agar pelanggan aki kering memperhatikan usia dari aki yang digunakan. Dengan menggantinya secara tepat waktu, maka akan menghindari terjadinya mobil mogok di jalan dan merugikan pelanggan itu sendiri. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual