Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Adu Kuat Velg Alumunium dengan Velg Baja

Panduan Pembeli

Adu Kuat Velg Alumunium dengan Velg Baja

TAMPERE - Velg dari bahan alummunium telah menjadi andalan sejumlah pabrikan mobil namun benarkah lebih kuat dari lingkar roda berbahan baja? 

Hydraulic Press Channel pun melakukan uji coba untuk mendapatkan jawabannya. Mereka menekan kedua velg tersebut dengan alat tekan hidrolik.

Hasilnya memang menunjukkan bahwa velg berbahan alumunium lebih kuat dibandingkan velg baja. Namun, kerusakan yang ditimbulkan pada velg berbahan alumunium justru terkesan lebih mengerikan dibandingkan kerusakan velg baja.

Velg alumunium mampu menahan tekanan hingga setara 20 ton, namun setelah itu velg akan pecahan. Masalahnya adalah, pecahan tersebut akan terpencar ke segala arah dan membahayakan orang di sekitar. Dan jika sudah pecah, velg tidak bisa diperbaiki lagi seperti semula.

Lain halnya dengan velg baja. Dalam pengujian, velg baja hanya mampu menahan tekanan setara dengan beban seberat 10 ton. Namun kerusakan yang ditimbulkan terkesan lebih ‘bersahabat’ karena velg hanya bengkok, bukan pecah. Kerusakan tersebut memang lebih menguntungkan karena pemilik velg bisa memperbaiki kerusakan tersebut dengan biaya lebih murah dan cepat. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang