77% Wisatawan Kini Pakai Kendaraan Pribadi

Berita Otomotif

77% Wisatawan Kini Pakai Kendaraan Pribadi

JAKARTA – Sejak terjadi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), masyarakat lebih memilih berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tak tanggung-tanggung, 77% dari masyarakat kini menggunakan kendaraan pribadi untuk berlibur. Hal ini disampaikan oleh Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di sela-sela kunjungannya ke Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.

"Ini merupakan angka yang sangat besar, berarti industri otomotif akan terus meningkat dan beradaptasi. Jadi sudah selayaknya pariwisata, ekonomi kreatif, dan otomotif ini bersinergi. Lakukan adaptasi terutama dalam penerapan protokol kesehatan," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Ia pun menambahkan bahwa kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan wisata otomotif sehingga dapat berdampak positif terhadap potensi wisata lainnya di berbagai daerah. Hal tersebut akan mengembalikan potensi wisata di berbagai daerah.

Sandiaga Uno

Tentunya, semua dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari menjaga jarak, menjaga kebersihan, menggunakan masker dan sebagainya. Dengan ini maka industri otomotif dan pariwisata bisa pulih lebih cepat setelah terpukul karena pandemi Covid-19.

"Dengan adanya wisata otomotif, saat kita melakukan touring paling tidak kita akan berhenti dan menginap di beberapa spot. Jadi ini yang kita rasa juga mampu untuk mendorong perekonomian di daerah," ungkap Sandiaga.

Ia juga menegaskan bahwa Pemerintah saat ini tengah menggenjot pariwisata dengan basis otomotif di berbagai daerah. Mulai dari penyelenggaraan MotoGP di sirkuit Mandalika tahun depan hingga gelaran Super Bike di akhir tahun 2021.

“Kalau otomotif itu ada MotoGP tahun depan, lalu ada Superbike. Kemudiana ada MXGP dengan dua Seri di Jawa Tengah yaitu Borobudur dan Bali. Dan ada beberapa kegiatan-kegiatan skala nasional dan regional seperti Sumatera Tribute dan beberapa kegiatan lain seperti reli akan kita dorong ke depan,” tegasnya.

Dengan adanya penggabungan antara dunia otomotif dengan pariwisata maka potensi wisatawan yang bisa keluar negeri dapat berpindah ke Tanah Air. Tentunya ini bisa memulihkan kondisi industri otomotif dan pariwisata yang menang terpuruk akibat pandemi Covid-19. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar