Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

50 Ribu Mobil Diyakini Laku pada Desember 2020, Target Bisa Tercapai

Berita Otomotif

50 Ribu Mobil Diyakini Laku pada Desember 2020, Target Bisa Tercapai

JAKARTA – Pabrikan – pabrikan meyakini sekitar 50 ribu mobil bisa laku di Indonesia pada Desember ini. Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), target penjualan mobil 2020 pun dipercaya bisa tercapai.

Hendrayadi Lastiyoso, Division Head Marketing and Customer Relation PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation, mengatakan bahwa penjualan mobil bulanan terus menunjukkan tren kenaikan sejak Juni 2020. Ini terjadi setelah pandemi menerpa Indonesia pada Maret 2020, kemudian memukul jatuh ekonomi serta pasar mobil nasional pada kuartal kedua tahun ini.

“November masih sama trennya. Masih positif dibandingkan Oktober. Ini rekor tertinggi saat pandemi,” ucap dia dalam konferensi pers virtual pada 17 Desember 2020.


Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (distribusi pabrik ke dealer) pada November kemarin menyentuh 53.844 unit, naik 9,85 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan retail (dealer ke konsumen) berjumlah 56.106 unit atau naik 21,22 persen dari Oktober.

Adapun penjualan wholesales Januari – November 2020 adalah 474.910 unit, drop 49,8 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year to date). Penjualan retail berjumlah 509.788 unit, menurun 46 persen year to date.

Tren positif ini dipercaya berlanjut lagi pada Desember. Sekitar 50 ribu mobil atau lebih bisa terjual meski hari kerja lebih pendek dan pandemi masih berlangsung.

“Pada 2020 ini kami perkirakan pasar wholesales bisa sentuh 530 ribuan. Sementara, retail bisa 565 – 570 ribu unit,” tambah Amelia Tjandra, Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor.

Proyeksi tersebut sudah melebihi target terkini yang dicanangkan oleh Gaikindo—asosiasi resmi yang menaungi pabrikan-pabrikan mobil di Nusantara. Setelah merevisinya sebanyak dua kali gara-gara pandemi, Gaikindo akhirnya mematok target penjualan mobil nasional secara wholesales pada 2020 di angka 525 ribu unit.


Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor, dalam konferensi pers virtual pada 16 Desember 2020 memberikan prediksi di angka yang serupa dengan Amelia yaitu 560 – 570 ribu (retail). Ini karena dari pantauan Toyota, penjualan bulan terakhir ini berpotensi lebih baik dari November.

Optimisme mampu mencapai target Gaikindo juga terlontar dari merek mobil terlaris ketiga di Indonesia, Honda. Mereka melihatnya dari pencapaian booking Honda.


“Tren booking di Honda pada Desember ini, sampai tanggal 10 Desember, meningkat lebih dari 20 persen daripada Oktober waktu yang sama. Makanya, untuk capai penjualan mobil nasional 50 ribu (pada bulan ini) saya yakin bisa tercapai,” sebut Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor dalam temu media secara virtual pada tanggal tersebut. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang