Honda Brio Diklaim Mobil Terlaris di Indonesia, Avanza Dkk Kalah

Berita Otomotif

Honda Brio Diklaim Mobil Terlaris di Indonesia, Avanza Dkk Kalah

JAKARTA – Honda Brio masih diklaim sang pabrikan sebagai mobil terlaris di Indonesia menjelang akhir 2020 dan mengalahkan multi purpose vehicle (MPV) murah seperti Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia.

Eksekutif Honda menjelaskan total penjualan mobil mereka secara retail (dari dealer ke konsumen) pada Januari – November 2020 mencapai 69.564 unit. Penurunannya memang sekitar 49 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year) sebagai efek dari pandemi virus Corona (Covid-19), tetapi penjualan terus menunjukkan perbaikan selama enam bulan terakhir.

Adapun pasar mobil nasional pada 11 bulan terakhir menurut pabrikan tersebut adalah 509.788 unit. Penurunannya mencapai 45,89 persen secara year on year—dari 942.170 unit—jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Penjualan mobil nasional secara wholesales (dari pabrik ke dealer), menurut paparan Honda, adalah 474.910 unit. Volume itu drop 49,61 persen year on year, dari 942.462 unit jika menilik data Gaikindo.

honda brio

Lebih lanjut, kontribusi penjualan Honda Brio terhadap total penjualan retail Honda mencapai 52,82 persen. Honda Brio diklaim tak hanya menorehkan prestasi di internal Honda, tapi juga di pasar mobil Tanah Air seperti pada bulan sebelumnya.

“Penjualan Honda Brio secara total 36.744 unit. Ini menjadikannya model dengan penjualan tertinggi di Indonesia sampai dengan saat ini,” aku Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) dalam konferensi pers virtual pada Kamis (10/12/2020).

Sayangnya, data Gaikindo untuk Januari – November 2020 sendiri belum dirilis. Karena itulah, belum bisa diketahui bagaimana performa MPV – MPV murah khususnya Avanza yang kerap kali bercokol di puncak daftar mobil terlaris Tanah Air saban tahun.

toyota avanza

Honda pada tahun ini sendiri hanya merilis satu model baru. Model tersebut adalah Civic hatchback RS yang meluncur pada Februari.

Menurut Billy, efek pandemi terhadap perekonomian serta pasar mobil Indonesia menyebabkan berbagai rencana mereka pada tahun ini harus dirombak. Termasuk jadwal peluncuran model – model baru.

“Karena adanya pandemi ini, dengan sangat terpaksa kami mengubah semua rencana bisnis kami,” tegas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar