Recall Daihatsu Rocky Ditargetkan Selesai Separuhnya pada Akhir 2022

Berita Otomotif

Recall Daihatsu Rocky Ditargetkan Selesai Separuhnya pada Akhir 2022

MANADO – Target recall Daihatsu Rocky di Indonesia dipercepat, melihat perkembangannya yang positif.

Executive Coordinator Technical Service Division PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menyatakan progres recall (penarikan dan perbaikan gratis) Rocky sejauh ini lebih cepat dari perkiraan.

Lebih dari sepertiganya sudah masuk bengkel.

“Alhamdulillah sejauh ini, sekitar 2,5 bulan (setelah pengumuman recall), terlihat antusiasmenya sangat bagus. Secara nasional kami sudah menyelesaikan 34 persennya. Beberapa area malah ada yang 53 persen,” ucap dia di sela-sela Media Test Drive Daihatsu Sirion pada 21-23 Juni 2022 dengan rute Tomohon-Manado.

Sekadar mengingatkan, Daihatsu mengumumkan recall terhadap Rocky pada 11 Maret 2022. Secara total, ada 9.378 unit yang masuk dalam kampanye tersebut.

Selain itu, ada pula 14.777 unit Toyota Raize yang terkena recall. Pasalnya, dua model tersebut memang saling berbagi platform serta sama-sama diproduksi di pabrik ADM.

Recall Rocky serta Raize digelar karena temuan potensi masalah pada fender apron depan, tepatnya pada dudukan shock absorber.

Bagian itu akan diberikan penambahan titik las agar tidak mengeluarkan bunyi abnormal atau bahkan lepas, ketika melewati jalan dengan kondisi kurang bagus.

“Dari 34 persen atau sekitar 3.400-an unit (yang sudah masuk bengkel), tidak ada yang sampai kejadian seperti yang kami temukan pada kasus pertama. Tapi, sebagai langkah preventif, (penambahan titik pengelasan) tetap kami lakukan,” pungkas Bambang.

Melihat perkembangan positif ini, Daihatsu pun merevisi target penyelesaian recall Rocky. Mereka ingin 4.689 unit di antaranya sudah masuk bengkel di penghujung 2022.

“Kemarin sudah direvisi. Kalau kemarin, di awal itu 30 persen, sekarang menjadi 50 persen sampai akhir tahun,” tegas Bambang.

Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director ADM Sri Agung Handayani menilai perkembangan cepat recall Rocky terjadi berkat banyaknya unit yang masih dipegang oleh tangan pertama.

Soalnya, sport utility vehicle (SUV) kompak lima penumpang ini memang baru meluncur di Tanah Air pada 30 April 2021 alias belum sampai 14 bulan lalu.

“Terima kasih kepada para konsumen. Terutama di kota-kota besar, lebih mudah. Kami kagum banget dengan perkembangan di kota-kota besar. DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur di atas 50 persen semuanya. Artinya ada kesadaran dari para konsumen dan kami respek. Kami undang, mereka datang,” papar Agung.

“Tapi, memang kami masih harus kejar beberapa area di luar Jakarta,” lanjut sosok baru di ADM ini. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar