5 Tips Posisi Duduk yang Baik Saat Mengendarai Mobil

Panduan Pembeli

5 Tips Posisi Duduk yang Baik Saat Mengendarai Mobil

JAKARTA – Keamanan berkendara tak hanya tergantung dari kondisi mobil, tapi juga dari pengendaranya. Posisi duduk yang baik merupakan salah satu dari sekian banyak pendukung keamanan berkendara.

Banyak yang menganggap bahwa posisi duduk yang baik saat mengendarai mobil adalah ‘asal nyaman’. Padahal, kenyataannya tidak begitu.

Terdapat cara maupun aturan aman mengenai posisi duduk saat mengemudi, untuk mendukung keselamatan berkendara. Bila cara dan posisinya sudah benar, maka orang di balik setir bisa lebih nyaman plus aman selama di perjalanan.

Berikut 5 tips posisi duduk yang baik saat mengendarai mobil. Tips dijelaskan oleh Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi Motor di Indonesia melalui keterangan resmi belum lama ini:

Ilustrasi Posisi Duduk yang Baik Saat Mengemudi Mobil

  1. Posisi Ergonomis
    Menurut Rifat, posisi duduk ketika mengemudi harus benar – benar ergonomis. Pastikan punggung menempel dengan back rest atau sandaran jok.
    Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga Anda bersandar pada sudut sekitar 100 derajat yang akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah. Atur semua itu sebelum mulai bepergian.
  2. Posisi Tangan Jam 9 dan Jam 3
    Kedua tangan Anda akan mengendalikan lingkar kemudi serta tuas persneling, sehingga bagaimana Anda memosisikan keduanya menjadi cukup penting. Berpegang teguhlah pada aturan posisi tangan pada arah jam 9 untuk tangan kiri dan jam 3 untuk tangan kanan.
  3. Kaki Jangan Terlalu Menekuk atau Lurus
    Posisi kaki tepat saat mengemudi akan mencegah nyeri lutut. Karena itulah, atur maju – mundur jok agar kaki tidak terlalu menekuk, juga tidak terlalu lurus yang bisa membuat pengendalian pedal gas-rem-kopling (jika transmisi manual) menjadi tidak maksimal.
  4. Atur Ketinggian Kursi
    Ketinggian kursi perlu disesuaikan dengan postur tubuh. Posisikan kursi hingga pinggul sejajar lutut dan angka kursi lebih tinggi jika tidak bisa melihat kaca depan dengan jelas.
    Sebaiknya jangan mengemudi dengan pinggul lebih rendah dari lutut. Ini akan menyumbat peredaran darah ke kaki.
  5. Beda Posisi Duduk Saat Malam Hari
    Menurut Rifat, visibilitas yang berbeda pada malam hari membutuhkan perlakuan sedikit berbeda ketika mengemudi pada waktu tersebut. Jok bisa ditinggikan lagi 1 – 2 cm dari posisi duduk siang demi lebih awas terhadap sudut tikungan dan melihat lebih jelas area di kaca depan. [Xan/Ari]


Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar