5 Faktor Kunci Bikin MPV Populer di Indonesia

Panduan Pembeli

5 Faktor Kunci Bikin MPV Populer di Indonesia

Mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) sangat populer di Indonesia, karena dianggap paling pas untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Segmen mobil jenis ini tetap menjadi primadona kendati kondisi pasar tengah melemah. Selain harganya yang cukup terjangkau, MPV menawarkan cukup banyak keunggulan dibandingkan model kendaraan jenis lain.

Tak heran jika hampir semua produsen papan atas berlomba untuk membuat MPV terbaik guna memikat para pembeli potensial di Indonesia. Dan akhirnya kemudian menjadi tulang punggung penjualan, seperti contohnya Toyota Avanza, perintis di kelas MPV.

Jejak Avanza kemudian diikuti oleh pabrikan lainnya dan kemudian lahirlah Nissan Livina, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga hingga Mitsubishi Xpander. Tak hanya itu, masih ada duet penantang dari Wuling melalui Confero serta yang terakhir Cortez 1.5.

Semakin banyak pilihan bagi konsumen, tentu membuat persaingan antar pabrikan menjadi makin sengit. Terlebih, konsumen di Indonesia hari ini semakin cerdas dan selektif dalam memilih mobil yang tepat terutama bagi keluarga mereka.

Dari fenomena tersebut, dapat disimpulkan bahwa sedikitnya ada 5 faktor yang dilihat konsumen sebelum menjatuhkan pilihan MPV idaman mereka.

Pertama, harga jual menjadi yang utama dalam menentukan pilihan. Artinya MPV yang beredar di pasar punya banderol sesuai dengan kemampuan atau daya beli mereka. Dengan ini konsumen bisa leluasa, tidak terbebani dengan tuntutan hutang.

Desain dan fitur kelengkapan menjadi alasan kedua konsumen dalam memilih. Secara umum, desain  MPV yang ada di Indonesia tergolong cukup beragam. Konsumen bisa menyesuaikan sesuai selera, mulai dari elegan hingga sporty.

Dan yang paling menarik dibicarakan adalah makin advance-nya fitur kelengkapan pada mobil-mobil MPV terbaru. Ini tentunya berbanding terbalik jika dibandingkan dengan awal kemunculan kelas ini hampir 15 tahun lalu.

MPV yang beredar di Indonesia saat telah mengusung banyak fitur keselamatan baik pasif maupun aktif. Fitur pengereman seperti ABS + EBD adalah inovasi paling mutakhir dari kendaraan jenis ini. Tidak semua merek menawarkan tiga fitur keselamatan pasif pada produknya.

Salah satu fitur unggulan pada MPV adalah adanya monitor atau layar pada Head Unit (HU). Teknologi tersebut selain berfungsi sebagai hiburan dalam kendaraan, umumnya disertakan koneksi kamera parkir. Hal ini tentunya memudahkan konsumen ketika parkir.

Teknologi ini menjadi lebih istimewa jika dilengkapi dengan fitur touchscreen. Adapula yang menambahkan dengan sistem konektivitas untuk gadget.

Selain mengandalkan kamera parkir, untuk memudahkan parkir MPV yang dipasarkan di tanah air juga harus dilengkapi dengan sensor. Hal ini membuat pengendara lebih terukur ketika memarkirkan kendaraannya.

Fitur keselamatan paling mutakhir yang belum banyak ditawarkan oleh pabrikan kendaraan adalah TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Inovasi tersebut memungkinkan pengendara mengetahui tekanan angin pada keempat ban mobilnya.

Faktor selanjutnya, MPV disukai masyarakat Indonesia karena memiliki kapasitas tujuh hingga delapan penumpang. Kemampuan mengangkut banyak penumpang inilah yang membuat MPV begitu populer di Tanah Air. Dimensi dari kendaraan juga menentukan kenyamanan dari perjalanan konsumen.

Wuling Cortez 1.5, sebagai pemain baru namun memiliki keunggulan dalam hal kelengkapan fitur-fitur tersebut di atas. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Tak hanya itu, Cortez 1.5 memiliki dimensi paling besar jika dibanding para kompatriatnya yang tentu menjadi point plus tersendiri.

Akhirnya, sebelum membeli MPV, sebaiknya pastikan dulu detail kelengkapannya, apakah sesuai dengan yang Anda serta keluarga butuhkan. Dan faktor-faktor tersebut di atas bisa menjadi panduan dalam memilih. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar