Toyota Belum Tentukan Sistem Penggerak pada Avanza Terbaru

Berita Otomotif

Toyota Belum Tentukan Sistem Penggerak pada Avanza Terbaru

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku masih ragu apakah akan menggunakan sistem penggerak depan atau belakang untuk generasi baru Toyota Avanza.

Keraguan tersebut disebabkan bahwa saat ini LMPV  dengan penggerak roda depan mendominasi pasar. Namun, Toyota juga melihat bahwa Avanza yang menggunakan sistem penggerak roda belakang pun tetap memiliki peminat.

“Kami sedang studi pasar secara detail karena pemain baru banyak dan penjualannya bagus semua. Tapi Avanza juga angka penjualannya bisa mencapai 7.000-an unit dan bulan Mei bahkan lebih dari 9.000 unit,” ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM.

Pria yang akrab dipanggil Suryo ini juga mengaku bahwa pemilihan sistem penggerak pada Toyota Avanza akan sulit. Pasalnya, masing-masing sistem penggerak memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

“Kalau sistem penggerak roda depan itu akselerasi awal lebih bagus, tapi daya angkutnya kurang. Sementara syarat Toyota untuk MPV adalah bisa membawa beban besar. Karena itulah kedua sistem penggerak itu masih harus distudi lebih lanjut,” tambahnya.

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya mengakui Toyota Avanza sudah harus dilakukan penyegaran agar tidak tertinggal dibanding kompetitornya. Hal ini karena lifecycle sebuah produk kini sudah semakin singkat.

“Kelihatannya konsumen butuh penyegaran untuk Toyota Avanza. Lifecycle sebuah produk sekarang juga sudah tidak bisa terlalu lama. Lebih cepat diperbarui akan lebih bagus. Kalau tampilannya bagus, maka pelanggan akan tertarik membelinya,” ungkap Suryo.

Toyota Avanza belakangan ini memang disebut-sebut akan hadir dengan sejumlah penyegaran yang cukup besar. Wajar karena belakangan ini, LMPV dari kompetitor hadir dengan tampilan yang lebih menarik dan mendapat respon positif. Sayang hingga saat ini, Toyota masih bungkam terkait pembaruan yang akan dilakukan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support