Ternyata MPV dengan Transmisi Matik Lebih Murah Dibanding Manual

Berita Otomotif

Ternyata MPV dengan Transmisi Matik Lebih Murah Dibanding Manual

JAKARTA – Meski harga mobil baru transmisi otomatis lebih mahal dibanding mobil bertransmisi manual, namun bukan berarti harga mobil bekas mengikuti.

Rizky dari BJM Autocar menyebut bahwa harga jual kembali MPV bertransmisi otomatis memiliki harga yang lebih murah ketimbang mobil manual. Kondisi ini terjadi karena ternyata masyarakat masih lebih menyukai mobil-mobil bertransmisi manual ketimbang otomatis.

“Memang ada yang mencari MPV bertransmisi otomatis, tapi jumlahnya tidak banyak, khususnya untuk mobil-mobil sekelas MPV. Umumnya, kalau mencari MPV bertransmisi otomatis, mereka adalah orang-orang dari Jabotabek. Kalau orang dari luar kota, transmisi otomatis tidak akan dilirik,” ungkapnya.

Selisih harga yang ada pun terbilang cukup jauh. Jika mobil baru bertransmisi otomatis bisa 10 juta lebih mahal ketimbang mobil baru transmisi manual, maka di pasar mobil kondisi tersebut berubah 180 derajat.

“MPV bekas dengan transmisi manual biasanya harganya lebih tinggi sekitar Rp 5 juta dibanding mobil MPV bekas bertansmisi otomatis. Namun harga tersebut tidak pasti, karena tergantung kondisi mobil itu sendiri,” tambahnya.

City Car Berbeda
Namun khusus untuk mobil kecil atau city car, perbedaan kembali terjadi. Pasalnya, harga city car bekas bertransmisi otomatis ternyata memiliki harga yang lebih ketimbang city car bekas bertransmisi manual.

“Ini karena city car kebanyakan yang menggunakan adalah masyarakat di perkotaan yang jalannya macet. Jadi kalau menggunakan mobil manual lebih cepat terasa capek ketimbang menggunakan city car bertransmisi otomatis,” jelas Rizky.

Tapi, perbedaan harga antara city car bekas bertransmisi otomatis dengan city car bekas bertransmisi manual tidak sejauh yang terjadi di MPV. “Selisihnya tidak terlalu jauh. Namun kembali lagi ke kondisi mobilnya masing-masing,” tutup Rizky. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support