5 Penyebab Mesin Diesel yang Mestinya ‘Galak’ Jadi Kurang Bertenaga

Panduan Pembeli

5 Penyebab Mesin Diesel yang Mestinya ‘Galak’ Jadi Kurang Bertenaga

JAKARTA – Mesin diesel yang terkenal tangguh pun bisa jadi kurang bertenaga. Kalau ini sampai terjadi, asal masalahnya antara dari sistem penyaringan BBM, sistem distribusinya, atau ruang bakar.

Mobil-mobil bermesin diesel harus diakui kurang ramah lingkungan jika dibandingkan mesin bensin. Apalagi di Indonesia, yang pasar otomotifnya masih menerapkan standar emisi gas buang Euro 2 untuk jenis mesin ini.

mesin diesel bisa menjadi kurang bertenaga

Meski demikian, mobil-mobil bermesin diesel tetap memiliki basis penggemarnya sendiri. Alasannya, tak lain tak bukan, karena karakternya yang jauh lebih ‘galak’ khususnya dari sisi torsi.

Tapi, beberapa isu bisa menyebabkan kinerjanya menurun.

‘Biang Keladi’ Tenaga Mesin Diesel Menurun

Auto2000 menerangkan lima penyebab yang membuat mesin diesel menjadi kurang bertenaga. Semua itu terjadi khususnya pada mesin diesel konvensional, bukan yang sudah berteknologi common rail.

Berikut paparannya, seperti dikutip dari situs jaringan diler serta bengkel resmi Toyota tersebut:

  • Masalah pada Filter Solar

Isu yang paling sering terjadi adalah kotornya filter solar, sehingga mereduksi debit serta volume bahan bakar yang dibutuhkan.

Mesin akhirnya kekurangan campuran bahan bakar dan produksi tenaga dari dapur pacu menjadi tidak optimal.

Filter solar kotor juga menghambat proses penyaringan. Selain itu, kotoran tersebut bisa masuk ke pompa injeksi, lalu menyebabkan problem pada tekanan injeksi.

Indikasi filter solar bermasalah bisa dilihat dari tanda lampu indikator water separator yang menyala tanpa ada penyebab jelas.

  • Masalah pada Pompa Tekanan Solar

Pompa tekanan solar berada di filter solar atau dekat pompa injeksi. Kegunaan komponen ini ialah menyedot BBM dari tangki.

Mesin diesel kurang bertenaga bisa disebabkan melemahnya pompa tekanan solar, sehingga distribusinya ke ruang bakar tak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Akhirnya, percampuran BBM dengan udara tidak ideal. Daya yang diproduksi mesin pun tidak maksimal.

Anda harus curiga pompa tekanan solar melemah jika mesin susah dinyalakan pada pagi hari.

BBM Biodiesel B20

  • Masalah pada Injection Pump

Injection pump, atau pompa injeksi, merupakan komponen yang meneruskan BBM ke setiap injektor. Saat tekanannya berkurang atau malah melebihi dari yang seharusnya, mesin diesel dipastikan akan bermasalah dan kurang tenaga.

Pertanda gampang injection pump ‘ngambek’ adalah keluarnya asap hitam tebal dari knalpot.

  • Masalah pada Injection Timing

Meski jarang, nilai maupun posisi injection timing bisa berubah dan menjadi tidak tepat, sehingga berpengaruh pada proses pembakaran dan produksi tenaga. Injection timing sendiri merupakan momen injektor membuka nozzle untuk menyemburkan BBM.

Salah satu indikasi injection timing bermasalah adalah kepulan asap hitam dari knalpot.

  • Masalah pada Tekanan Kompresi Ruang Bakar

Sumber masalah terakhir adalah tekanan kompresi ruang bakar mesin yang terlampau rendah, sehingga performa mobil menjadi loyo. Padahal, yang dibutuhkan cukup tinggi, yakni sekitar 30 kgm. Sebagai perbandingan, kompresi yang dibutuhkan mesin bensin hanya 10-11 kgm.

Selamat mencari sebab-musabab mesin diesel Anda kurang bertenaga, ya, Mobilovers! [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar