232 Orang Ikut Lomba Balap Simulator Honda dari Rumah Saat Pandemi

Berita Otomotif

232 Orang Ikut Lomba Balap Simulator Honda dari Rumah Saat Pandemi

JAKARTA – Lomba Balap Simulator Honda, atau Honda Racing Simulator Championship (HRSC), segera menggelar seri pertama di masa pandemi virus Corona (Covid-19) pada akhir pekan ini. Sebelumnya, HRSC sudah mengadakan babak kualifikasi yang diikuti lebih dari 200 orang dari rumah masing-masing.

Pendaftaran HRSC, menurut keterangan resmi Honda yang diterima Mobil123.com baru-baru ini, telah dibuka sejak 15 Juni – 4 Juli 2020 kemarin. Ada 232 pendaftar yang mengikuti babak kualifikasi dari rumah masing-masing.

Sebanyak 60 orang telah lolos dari babak tersebut dan dibagi ke dalam dua kelas, Professional serta Amateur. Selanjutnya, HRSC bakal mengadakan seri perdana di sirkuit virtual Suzuka, Jepang pada Sabtu (11/7/2020) mendatang.

Kelas Professional HRSC cukup seru karena diikuti oleh pebalap – pebalap sungguhan seperti Andika Rama Maulana, Fitra Eri, sampai pebalap gokart Daffa Ardiansa. Akan tetapi, posisi pertama sebagai hasil dari babak kualifikasi sementara ini ditempati oleh pebalap simulator Jaka Siswoyo.

Lomba balap simulator yang diinisiasi Honda cukup unik karena diikuti dari rumah dengan perangkat simulator masing-masing. Karena itu, Honda mengimbau masing-masing peserta mengatur peranti lunak, memastikan koneksi internet berjalan kencang plus stabil, serta mengatur tampilan gambar di layar minimal 60 frames per-second (FPS) untuk menghindari gejala lag saat balapan berlangsung.

“Ini merupakan ajang balap yang sangat menarik karena dilakukan secara virtual, dimana sebelumnya Honda selalu konsisten mengadakan balapan HJSC dan HBSC di Sirkuit Sentul. Kami senang menyambut respon positif atas penyelenggaraan Honda Racing Simulator Championship ini salah satunya dengan jumlah pendaftar lebih dari 230 orang, melampaui target awal kami sebesar 100 orang,” ucap Yusak Billy selaku Business Innovation, Marketing, and Sales Director PT. Honda Prospect Motor (HPM).

Kejuaraan HRSC mengusung konsep balap One Make Race (OMR), yaitu setiap peserta akan menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version dalam program simulator balap R factor 2. Untuk meraih gelar juara, setiap peserta harus berlomba mengumpulkan poin sepanjang 6 seri yang akan digelar di beragam sirkuit virtual, dimulai dari Sirkuit Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zandvoort dan Estoril.

Untuk kelas Professional, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp 20 juta, diikuti juara II sebesar Rp 10 juta, juara III sebesar 8 juta, juara IV sebesar 6,5 juta dan juara V sebesar Rp 5,5 juta. Sementara untuk kelas Amateur, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp 5 juta, juara II sebesar Rp 4,5 juta, juara III sebesar Rp 3 juta, juara IV sebesar 2 juta dan juara V sebanyak Rp 1 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar