Cari Toyota 86 V TRD Bekas (12 unit) dari seluruh Indonesia

Penilaian Keseluruhan untuk kendaraan ini (1 Ulasan)

Toyota 86 FAQs


Toyota 86 di Indonesia

Toyota 86 adalah mobil sport Coupe berukuran kompak yang merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Mobil ini disebut Toyota GT-86 di Eropa, atau Scion FR-S di Amerika Serikat, serta dijual oleh Subaru sebagai Subaru BRZ.

Mobil yang menggunakan mesin Boxer 2.0 liter dan penggerak roda belakang/rear wheel drive (RWD) ini terinspirasi dari Corolla Levin dan Sprinter Trueno AE86 yang terkenal dengan sebutan Hachiroku.

Dari segi harga, Toyota 86 keluaran terbaru dibanderol dengan harga Rp830 jutaan, sebuah harga yang cukup terjangkau untuk sebuah mobil sport.

Sebagai salah satu mobil sport keluaran Toyota, sudah pasti mobil ini akan dibandingkan dengan mobil milik Toyota lainnya, yaitu Toyota Supra. Jika dilihat harganya, Toyota 86 dapat dibilang lebih murah saudaranya tersebut.

Eksterior

Layaknya mobil sport lainnya, Toyota 86 memiliki desain yang sangat sporty dan stylish khas mobil coupe dua pintu. 

Kesan gahar dapat dilihat pada tampilan depannya dengan lampu berteknologi proyektor HID yang membujur ke belakang. Dihiasi juga dengan grill besar sebagai ventilasi mesin, sedangkan bumper bawah dilengkapi fog lamp yang akan membantu visi pengendara pada saat hujan.

Dengan mesin yang terletak di depan, bagian kap mobil dibuat memanjang sehingga mempertegas tampilan sports car milik Toyota 86 2020. Hingga ke spoiler dan bagasi belakang, desainnya sangat mulus dan aerodinamis, sehingga menimbulkan kesan mobil ini sangat kencang.

Desain khas mobil coupe juga dapat terlihat dari samping dengan atap belakang yan sangat landai, sehingga cukup mempengaruhi ruang kepala di bangku belakang. Toyota 86 ini juga hanya memiliki dua pintu dan dilengkapi dengan velg 17 inci.

Ke sisi belakang, mobil ini makin terlihat sporty. Terdapat lampu rem dan lampu sen berteknologi LED yang memjurus ke pintu bagasi, dan juga dilengkapi double exhaust, membuat mobil ini terlihat sangat prima. Untuk varian TDR dilengkapi juga ekor spoiler.

Interior

Mobil Toyota 86 memiliki dasbor yang sangat berkesan mobil balap serta dilengkapi sistem pengaturan HVAC. Selain itu, desain interior juga dibuat untuk mempertegas kesan mewah. Di desain menggunakan kulit Alcantara berwarna hitam dengan sedikit aksen merah, juga setir palang tiga berlapis kulit dan paddle shift, membuat pengemudi serasa sedang dalam balapan ketika berkendara.

Dengan desain-desain tersebut, sepertinya mobil Toyota 86 memang dibuat untuk menyenangkan para penikmat mobil malam, yang mana mengakibatkan mobil ini tidak terlalu praktis untuk kebutuhan sehari hari.

Dengan ruang kabin 2+2, rasanya kurang cocok untuk mobil ini digunakan sebagai mobil keluarga. Ditambah lagi, ruang belakang kabin terlihat tidak terlalu lapang karena ruang kaki yang sempit bahkan untuk anak-anak, serta ruang kepala yang rendah karena atap mobil yang landai.

Pada bagian bagasi juga tidak terlalu luas. Meskipun begitu masih bisa untuk menampung barang-barang kecil. Jika ingin mengangkut lebih banyak barang, kursi belakang bisa direbahkan untuk menambah kapasitas penyimpanan dalam mobil.

Mesin dan Performa

Mesin yang disematkan ke mobil ini dikenal denga kode 4U-GSE, mesin Boxer 4 silinder berkapasitas 1.998 cc. Dengan mesin ini, Toyota 86 dapat menghasilkan tenaga hingga 200 PS per 7.000 rpm dan mencapai puncak torsi pada 205 Nm per 6.600 rpm. Dengan performa mesin di atas dapat disimpulkan bahwa Toyota 86 cukup bertenaga.

Ditambah lagi, mobil ini memiliki pusat gravitasi yang rendah. Rendahnya pusat gravitasi membuat mobil ini menjadi lebih mudah untuk dikendalikan dan terasa lincah. Dengan begitu, membawa mobil ini menjadi sangat menyenangkan.

Fitur

Mobil Toyota 86 dibekali beberapa fitur keselamatan yang mumpuni. Dengan harga yang ditawarkan, mobil ini sudah dilengkapi sistem pengereman seperti Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA).

Di dalam mobi ini juga terdapat sistem keamanan aktif lainnya seperti Traction Control (TRC) dan Vehicle Stability Control (VSC). Ditambah lagi, terdapat airbag pada sisi depan dan samping kabin untuk melindungi pengemudi dan penumpang jika terjadi sebuah kecelakaan.

Mengendarai mobil ini pun semakin nyaman dengan adanya fitur-fitur kenyamanan seperti Cruise System, tombol Start/Stop Engine, Hill Start Assist (HSA), dan Hill Descent Control (HDC).

Harga Toyota 86 Terbaru

  • New Toyota 86 2.0 M/T Rp830 juta

  • New Toyota 86 2.0 A/T Rp830 juta

  • New Toyota 86 2.0 TDR A/T Rp830 juta

Harga Toyota 86 Bekas di Mobil123.com Tahun 2022

  • Toyota 86 Bekas tahun 2012 berkisar Rp450 juta – Rp475 juta

  • Toyota 86 Bekas tahun 2013 berkisar Rp535 juta – Rp550 juta

  • Toyota 86 Bekas tahun 2014 seharga Rp580 juta

  • Toyota 86 Bekas tahun 2015 seharga Rp500 juta

  • Toyota 86 Bekas tahun 2016 seharga Rp565 juta

  • Toyota 86 Bekas tahun 2018 berkisar Rp620 juta – Rp695 juta

  • Toyota 86 Bekas tahun 2019 berkisar Rp680 juta – Rp770 juta

  • Toyota 86 Bekas tahun 2021 berkisar Rp775 juta – Rp803 juta

Tentang Toyota 86 di Indonesia

Toyota 86 pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show pada tahun 2011. Lalu mulai dijual pada tahun 2012.

Mesin yang digunakan mobil ini pada waktu itu tidak berubah dengan yang sekarang. Menggunakan mesin 2.0 liter dengan konfigurasi Boxer yang diberi kode Toyota 4U-GSE atau kode Subaru FA20. Transmisi yang tersedia adalah 6 speed manual dan 6 speed automatic.

Meskipun merupakan mobil sport, Toyota 86 lebih memfokuskan pada pengendalian yang mantap daripada tenaga yang besar, dan mobil ini juga memiliki perangkat keselamatan yang baik. Mobil ini memiliki titik gravitasi rendah yang membuatnya stabil.

Toyota 86 kemudian diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 1 Juni 2012. Mobil ini merupakan mobil sport pertama yang secara resmi dijual oleh PT Toyota Astra Motors. Pada saat itu, ada 7.000 pesanan dalam sebulan pertama produksi, sehinggia populasi Toyota 86 bekas tidak begitu banyak.

Selain di Indonesia, Toyota bersama Subaru juga memasarkan mobil sport ini di Eropa dengan nama Toyota GT 86, Toyota FT 86 di Jamaika dan Nikaragua, dan Scion FR-S di Amerika dan Kanada.

Karena mobil ini memiliki harga yang bersahabat, banyak pemilik yang memberikan perubahan pada tampilannya. Bisa ditemukan beberapa mobil Toyota 86 yang dimodifikasi dijalanan di seluruh penjuru dunia.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota 86

Toyota memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dibilang umum ditemukan pada sebuah mobil sport.

Dimulai dari sisi positifnya dulu. Layaknya mobil sport yang lain, mobil Toyota 86 memiliki tampilan sporty khas mobil coupe pintu dua. Dengan desain yang sangat mulus dan aerodinamis, dilengkapi lampu depan berteknologi LED, grill, double exhaust, serta spoiler untuk varian TDR, mobil ini terlihat seperti mobil milik juara balap jalanan.

Kesan tersebut semakin kental dengan didukung performa mesin mobil serta handlingnya yang lincah. Mesin yang menghasilkan tenaga yang besar, serta pusat gravitasi mobil yang rendah, membuat mobil ini sangat enak untuk dibawa.

Selain itu, Toyota 86 juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan, contohnya ABS, HSA, dan lain-lainnya. Sehingga membawa mobil ini menjadi semakin aman dan nyaman.

Setelah menyebutkan kelebihannya, perlu diketahui juga kekurangan dari mobil ini. Dan seperti yang dikatakan sebelumnya, kekurangannya juga mirip dengan kekurangan mobil sport pada umumnya.

Walaupun dikatakan sebagai mobil sport yang lebih terjangkau, harga mobil ini masih tetap tinggi, yang mana harga tersebut hanya mampu ditanggung oleh kalangan tertentu saja.

Selain itu, mobil ini bukanlah pilihan utama mobil yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan sempitnya ruang kabin, terutama di bagian belakang, membuat mobil ini tidak cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga.

Kelebihan Toyota 86

  • Desain dan tampilan sporty

  • Performa dan handling lincah

  • Fitur keselamatan lengkap

Kekurangan Toyota 86

  • Harga yang tinggi

  • Ruang kabin yang tidak luas

  • Kegunaan yang terbatas

 

Rating Toyota Avanza 86

Total Skor: 3,5*/5

Desain Eksterior & Interior: 4

Performa Mesin: 3

Impresi Berkendara: 4

Konsumsi Bahan Bakar: 3

Fitur Hiburan: 3

Harga Jual Kembali:3

Fitur Keamanan: 4

Jaringan Purnajual:4

*Penilaian dilakukan oleh jurnalis Mobil123.com.

Data Spesifikasi Toyota 86

Dimensi

Panjang

4.240 mm

Lebar

1.775 mm

Tinggi

1.320 mm

Jarak Sumbu Roda

2.570 mm

Jarak Pijak Depan

1.520 mm

Jarak Pijak Belakang

1.540 mm

Ground Clearance

130 mm

 

Mesin

Tipe Mesin

Boxer 4-silinder DOHC 16 valve

Kapasitas Mesin

1.998 cc

Bore x Stroke

86x86

Rasio Kompresi

12,5 : 1

Transmisi

Manual dan Otomatis 6 percepatan

Daya maksimum

200 PS @7.000 rpm

Torsi maksimum

205 Nm @6.600 rpm

Kapasitas Tangki Bensin

49 L

Konsumsi Bensin

9,3 km/L

Setir

Electric Power Steering

 

Suspensi dan Rem

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Ukuran Ban/Velg

215/45/R17, New 17” Aluminium Alloy Wheel

 

Fitur

  • Antilock Braking System (ABS)

  • Electronic Brake Distribution (EBD)

  • Brake Assist (BA)

  • Traction Control (TRC)

  • Vehicle Stability Control (VSC)

  • Airbag

  • Cruise System

  • Tombol Start/Stop Engine

  • Hill Start Assist (HSA)

  • Hill Descent Control (HDC)

Pilihan Warna Toyota 86

  • Ice Silver Metallic

  • Dark Grey Metallic

  • Crystal White Pearl

  • Crystal Black Silica

  • Pure Red

  • Orange Metallic

  • Lapis Blue Pearl

Perawatan Berkala Toyota 86

Untuk perawatan mobil Toyota 86 bisa dibilang mahal mengingat mobil ini adalah mobil sport. Karena itu, suku cadangnya juga berkualitas tinggi sehingga perlu merogoh kocek dalam untuk membelinya. Servis mobil ini dilakukan secara berkala berdasarkan kilometer jarak yang telah ditempuh.

Estimasi Biaya Perawatan Toyota 86

  • 10.000 km: Rp883.000

  • 20.000 km: Rp883.000

  • 30.000 km: Rp883.000

  • 40.000 km: Rp2.235.500

  • 50.000 km: Rp883.000

  • 60.000 km: Rp3.106.600

  • 70.000 km: Rp3.051.010

  • 80.000 km: Rp7.965.000

  • 90.000 km: Rp3.051.010

  • 100.000 km: Rp5.619.600

FAQ Toyota 86

  1. Berapa panjang total Toyota 86?

Jawaban: Toyota 86 memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi yaitu 4240 x 1775 x 1320.

  1. Apa sistem transmisi mobil Toyota 86?

Jawaban: Toyota 86 tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis.

  1. Berapa konsumsi bahan bakar (BBM) Toyota 86?

Jawaban: Toyota 86 memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 9,3 km/L

 

Mobil Toyota 86 Baru Dijual di Jakarta

Mobil Toyota 86 Baru Dijual di Bekasi

 

Mobil Toyota 86 Bekas Dijual di Jakarta

Mobil Toyota 86 Bekas Dijual di Bandung

Mobil Toyota 86 Bekas Dijual di Tangerang

Mobil Toyota 86 Bekas Dijual di Depok

Mobil Toyota 86 Bekas Dijual di Bekasi

 


Biaya perawatan Toyota 86 100.000 km Rp 5.619.600


Biaya perawatan Toyota 86 10.000 km Rp 883.000


Mesin Toyota 86 dapat memproduksi tenaga sebesar 200 ps dan torsi 20.9 kgm


Toyota 86 dilengkapi dengan head unit layar sentuh 7 inci


Toyota 86 dilengkapi dengan fitur keselamatan rem ABS + EBD + BA, Hill start assist, airbag depan dan belakang juga curtain


Toyota 86 menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan


Toyota 86 dapat memuat 4 penumpang


Toyota 86 menggunakan mesin bensin 2.0 Boxer dengan 4 silinder DOHC


Toyota 86 dibanderol dengan harga Rp830 Juta


Perbandingan
0