Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Impresi Pertama KIA Carens, Mobil Terbaru dari KIA Berkesan Gagah

Mobil Baru

Impresi Pertama KIA Carens, Mobil Terbaru dari KIA Berkesan Gagah

JAKARTA – PT Kreta Indo Artha (KIA) memperkenalkan MPV 7-seater terbaru mereka, Kia Carens di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022.

KIA Carens diperkenalkan untuk meramaikan persaingan pasar mobil di segmen MPV keluarga.

“Kami memperkenalkan Kia Carens di Indonesia untuk menghadirkan segmen dan tolak ukur terbaru sebuah MPV keluarga tujuh penumpang modern dengan tampilan yang sporty, ruang kabin yang lapang serta berbagai fitur berteknologi tinggi,” kata Presiden Direktur PT KIA, Andrew Nasuri.

Dengan tampilan yang gagah dan fitur-fitur yang canggih, Kia Carens akan bersaing dengan mobil MPV lainnya. Disebut-sebut mobil ini akan menjadi rival untuk Toyota Kijang Innova dan Wuling Cortez.

Di ajang pameran GJAW, Mobil123.com berkesempatan untuk merasakan duduk di dalam kabin mobil terbaru dari Kia ini.

Berikut adalah impresi pertama kami terhadap Kia Carens.

Eksterior

Secara tampilan luar, Kia Carens terlihat sporty dan mewah bagaikan mobil SUV, meskipun berupa mobil ini berkelas MPV kapasitas 7 penumpang.

Bagian depan Carens terlihat gagah dengan gril khas Tiger Nose Kia dan lampu depan Daytime Running Light (DRL) yang memberi kesan futuristik.

Lalu berpindah ke tampak sampingnya, Carens semakin terlihat seperti mobil SUV, dengan garis desain body dinamis dan berani yang terhubung dengan lampu rem di bagian belakang, didukung dengan bagian hidung atau kap mobil yang tinggi dan datar.

Di bagian belakang dihiasi lampu rem yang didesain berdasarkan konsep pencahayaan khas Kia terbaru, yaitu “The Star Map” yang memberikan sentuhan teknologi tinggi. Pintu belakang masih menggunakan sistem hidrolik, sehingga belum terbuka secara otomatis.

Desain velg ring 16 terlihat sangat kokoh. Selain itu, terdapat juga ban serep yang terletak di bagian belakan bawah mobil yang hanya dapat digunakan dalam keadaan darurat, misalkan ban bocor.

Interior

Ketika masuk ke dalam kabin, suasana lega dan futuristik begitu terasa, terutama di kursi baris kedua. Jok mobil bermaterial kulit memberikan kesan mewah.

Bagian utama yang menimbulkan kesan futuristik ada pada bagian dasbornya. bermaterial plastik berkontur kulit pada bagian atasnya serta berwarna piano black mengkilap membuat dasbor mobil ini berkesan elegan.

Selain itu, bagian dasbor disematkan head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci yang dilengkapi dengan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto. Sistem hiburan tersebut juga didukung oleh sistem audio premium buatan Bose dengan 8 speaker di seluruh bagian kabin.

Satu hal yang unik dari bagian dasbor ini adalah ukurannya yang terbilang lebih tinggi dan lebih vertikal dari mobil lainnya. Hal ini memberikan kesan ruang lebih luas untuk penumpang kursi depan, namun untuk pengemudi harus memposisikan kursi lebih tinggi agar visi ke depannya lebih terlihat.

Pada bagian kursi pengemudi dapat diatur 6 arah, ditambah dengan pengaturan posisi setir teleskopik dan tilting, sehingga pengemudi dapat mengatur posisi kursi dan setir sesuai dengan selera. Meskipun begitu, ada satu bagian yang memiliki kejanggalan, yaitu pada bagian head rest-nya. Head rest terasa sedikit kurang nyaman setelah diatur ketinggiannya dan kemiringan dari sandaran kursinya.

Pada kursi baris kedua, ruang kaki dan kepala terasa cukup luas untuk orang yang berpostur tinggi. Jarak kepala ke langit-langit lebih tinggi dikarenakan mobil ini menggunakan blower AC yang unik daripada mobil lain, dengan bentuk lingkaran dan terletak di langit-langit.

Satu fitur unik yang ada pada kursi baris kedua adalah tombol yang ada di salah satu sisi kursi. Tombol tersebut berfungsi untuk melipat kursi secara elektrik hanya dengan satu kali tekan. Dengan begitu, akses ke kursi baris ketiga menjadi lebih mudah

Untuk ruang pada kursi baris ketiga notabene memiliki masalah yang sama dengan mobil lainnya, yaitu ruang kaki yang sempit. Meskipun begitu, kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat sedemikian rupa sehingga dapat memuat bagasi lebih banyak.

Ada juga fitur-fitur lain yang dapat ditemukan di dalam Kia Carens seperti wireless charger, cup holder di tengah untuk penumpang depan dan baris kedua, hingga charging port Type C yang disediakan di beberapa lokasi. Ditambah lagi dengan adanya ambient light bermode pilihan 64 warna, sunroof dapat mengubah suasana kabin sesuai keinginan, serta tirai yang dapat memberikan privasi lebih kepada penumpang.

Spesifikasi Mesin

Kia Carens hadir dalam 2 varian yang dibedakan berdasarkan mesinnya, yaitu Smartstream 1.4 T-GDI berbahan bakar bensin, dan 1.5 CRDi VGT berbahan bakar diesel.

Varian Smartstream dibekali jantung pacu berkapasitas 1,4 liter yang diimbuh dengan turbocharger. Dengan mesin tersebut, mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 140 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 242 Nm pada 1.500 hingga 3.200 rpm. Sistem transmisi yang disematkan berupa transmisi DCT dengan 7 percepatan yang mengirim tenaga mesin ke roda depan.

Sementara itu, varian CRDi memiliki mesin berkapasitas 1,5 liter, juga diimbuhi turbocharger, yang dapat menghasilkan tenaga hingga 115 PS per 4.000 rpm serta torsi puncak 250 Nm pada 1.500 hingga 2.750 rpm. Sistem transmisi yang mendukung berupa transmisi otomatis 6 percepatan, mengirim tenaga mesin ke roda depan.

Demikian impresi pertama Mobil123.com terhadap mobil Kia Carens. Karena masih berupa perkenalan, belum ada informasi mengenai banderol harga mobil ini.

Jika penasaran untuk melihat dan merasakan langsung naik mobil ini, Anda dapat datang ke pagelaran JAW 2022 yang sedang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) hingga tanggal 20 Maret 2022. [ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang