Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Yasin Motor Group, Diler Mobil Bekas Favorit Para Wiraswasta Bandung

Mobil Bekas

Yasin Motor Group, Diler Mobil Bekas Favorit Para Wiraswasta Bandung

BANDUNG – Yasin Motor Group merupakan satu jaringan diler mobil bekas di Bandung dengan pilihan mobil bekas terbaik untuk para wiraswasta.

Yana Maulana, selaku pemilik dari Yasin Motor Group, membagikan ceritanya tentang pendirian jaringan diler mobil bekas ini kepada Mobil123.com.

Yasin Motor Group pertama kali dibuka pada 27 Februari 2007. Sebelum itu, Yana bersama beberapa temannya sudah memiliki usaha mobil bekas yang dibangun dari 2000 bernama My Cars.

“Sebelum Yasin Motor berdiri, dari 2000 itu namanya My Cars. My Cars buka dari 2000 sampai 2007. Waktu itu bukanya bareng teman dan partner beberapa orang,” cerita Yana.

Kemudian pada 2007, Yana dan kawan-kawan memutuskan untuk membuka usaha mobil bekas sendiri-sendiri. Yana membuka Yasin Motor Group.

“Showroom kita waktu itu masih di Jl. Banteng,” terang pak Wong, sapaan akrab Yana.

Sampai saat ini, Yasin Motor Group sudah berkembang dan memiliki 9 cabang di seluruh Bandung, dengan rincian 2 cabang di kota dan 7 cabang di pinggiran kota.

“Dari Jl. Banteng, kita buka lagi di Moh. Toha sekitar 6 tahun, lalu buka cabang lagi di Sriwijaya,” sambungnya.

Mengenai unit-unit mobil bekas yang dijual di Yasin Motor Group, Yana mengaku kurang lebih 90 persen di antaranya berupa mobil bekas segmen fast-moving.

Model bekas fast-moving yang dimaksud Yana sendiri mayoritas berupa kendaraan di segmen Low Cost Green Car (LCGC) seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan semacamnya.

“Jadi bukan kelas premium lah. Kalau kelas premium sudah di atas Rp700 juta-an, sementara saya di bawah Rp400 juta-an,” jelas Yana.

Salah satu dilernya, yaitu Nara Mobilindo, menyediakan model bekas bersegmen yang sedikit berbeda, yaitu middle-up.­

Kalau diterangkan, segmen middle-up itu adalah model mobil macam Mazda CX-7, Hyundai Tucson, Mitsubishi Pajero, Hyundai Santa Fe, dan sebagainya.

Segmen Konsumen Baru dan Wiraswasta Sebagai yang Utama

Sementara itu, konsumen yang sering membeli mobil bekas di Yasin Motor Group dikatakan merupakan orang-orang yang pertama kali membeli mobil.

“Kebetulan segmen pasar kita itu orang yang baru beli mobil. Karena saya lihat kapasitas aplikasinya lebih bagus dibanding yang kedua kali," ungkapnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan kebanyakan pembeli mobil bekas di sana berupa orang-orang yang sudah mampu atau memiliki usaha.

“Sekitar 90 persen adalah wiraswasta. Jadi konsumen kami usaha UMKM, punya usaha online, untuk aktivitas mobile, yang dilihat leasing itu bagus. Saya ambil segmen yang seperti itu,” jelas Yana.

Karena mayoritas konsumennya adalah pengusaha wiraswasta, Yana mengatakan Yasin Motor mengutamakan transaksi pembelian secara kredit.

“Bisa disebut dari total penjualan, sekitar 85 persen masuk ke leasing, sementara sisanya cash,” ungkapnya.

Hal ini bukanlah tanpa alasan. Yana mengerti bahwa sebagai pemilik usaha, para konsumennya membutuhkan modal. Oleh karena itu, ia tidak mau membebani konsumennya dengan mengutamakan pembayaran via tunai.

“Kita sadar betul bahwa dagang sekarang itu enggak bisa prioritas cash, karena saya lihat mayoritas konsumen Yasin Group itu wiraswasta, jadi uangnya lebih baik untuk modal daripada untuk beli mobil cash. Nah, hasil dari usaha itu baru dipakai untuk cicilan,” pungkas Yana.

Alamat Diler

  • Yasin Motor Terusan Buah Batu – Jl. Terusan Buah Batu No. 146, Kujangsari, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266
  • Yasin Motor Sriwijaya – Jl. Sriwijaya No. 39a, Cigereleng, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40253
  • Nara Mobilindo – Jl. Terusan Logam No. 7a, Kujangsari, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40287
  • Hijrah Motor – Jl. Terusan Logam No. 7, Kujangsari, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40287
  • RYA Mobilindo – Jl. Raya Ciganitri No. 8, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
  • MOKAS-KU – Jl. Buana Sari Raya Timur No. 8-10, Kujangsari, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40287
  • Coco Motor – Jl. Raya Ciganitri No. 3, RT.06/RW.05, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kota Bandung, Jawa Barat 40287
  • Molana Motor – Jl. Ciganitri Raya No. 18 B-C, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
  • GAZZ Motor – Jl. Ciganitri Raya No. 23-24, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287

[ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang