Yamaha MT-09 2021 Meluncur, Tampangnya Sangar

Berita Otomotif

Yamaha MT-09 2021 Meluncur, Tampangnya Sangar

JAKARTA – Yamaha membuka selubung new MT-09 2021 dengan berbagai ubahan baru.

Motor sport jenis naked ini bertransformasi mulai dari tampilan hingga mesinnya yang lebih beringas. Lampu depannya menjadi salah satu ciri khas MT Family kini tampak pada produk terbaru Yamaha Eropa ini.

Lampu depan Yamaha MT-09 2021 menggunakan lampu depan, dengan bentuk segi enam lengkap dengan DRL pada bagian sampingnya. Sementara belakangnya tampak seperti bentuk huruf Y dan teknologi LED juga digunakan pada motor ini .

Motor ini ditopang dengan suspensi depan model upside-down berdiameter 41 mm. Sementara belakangnya menggunakan peredam kejut monoshock yang dapat diatur beberapa fungsinya. Kuda besi satu ini dikatakan menggunakan rumah roda atau biasa disebut velg yang lebih ringan 0.7 kilogram. Perbedaan lainnya pada motor edisi terbaru MT-09 adalah ketinggian jok yang kini menjadi 825 mm.

Pengurangan bobot kendaraan nampaknya menjadi salah satu fokus kendaraan ini dikembangkan. Dikatakan bahwa rangka atau sasis MT-09 terbaru bobotnya lebih ringan 2.3 kilogram. Tidak hanya lebih ringan, frame kendaraan ini juga meningkatkan stabilitas saat dikendarai.
Yamaha MT-09
New MT-09 kini dibekali dengan mesin lebih besar sehingga mampu menyemburkan tenaga lebih galak. Jantung mekanisnya tetap mengandalkan teknologi crosplane untuk tiga piston sejajarnya. Outputnya dikatakan mampu memuntahkan daya sebesar 117.3 hp pada 10.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 93 Nm pada 7.000 rpm.

Tenaga motor yang besar tersebut, disalurkan melalui transmisi enam-percepatan manual dan didukung dengan teknologi Assist and Slipper Clutch. Teknologi tersebut berguna untuk mencegah roda belakang bergerak liar saat perpindahan gigi. Jantung pacu kendaraan ini dikatakan telah memenuhi standar emisi gas buang EURO5.

Fitur-fitur baru kendaraan ini meliputi desain baru panel meter, mode berkendara, dan quick shifter. Fitur tersebut mampu memberikan kenyamanan pada pengendara sehingga pantas untuk ditunggu kehadirannya di garasi rumah.
Yamaha MT-09 2021
New Yamaha MT-09 baru akan dipasarkan secara global pada awal 2021. Belum diketahui berapa harga motor sport naked ini. Namun di Indonesia Yamaha MT-09 edisi lawasnya dipasarkan Rp 290 juta. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar