Yamaha Fazzio, Skutik Bernuansa Retro dengan Fitur Modern

Berita Otomotif

Yamaha Fazzio, Skutik Bernuansa Retro dengan Fitur Modern

Mengawali 2022, Yamaha Indonesia meluncurkan sepeda motor jenis skuter matik (skutik) terbarunya bernama Fazzio Hybrid-Connected.

Skutik ini dirilis oleh Yamaha untuk meramaikan pasar sepeda motor bergaya Eropa yang akhir-akhir ini tengah populer, terutama di kalangan anak muda.

Meskipun nuansanya retro, Fazzio terbilang modern dengan adanya beberapa fitur-fitur canggih.

                                                                  

Spesifikasi Yamaha Fazzio

Desain

Dari segi tampilan, desain yang diusung Fazzio lebih sederhana, namun tetap berkelas, memberi kesan klasik atau retro.

Pada bagian fascia-nya benar-benar mengingatkan pada skutik Eropa. Ini dikarenakan bentuk headlamp motor yang bulat, besar, dan sudah dibekali LED, serta tebeng depan yang mengotak.

Tampang ini mengingatkan orang akan motor Vespa, namun tetap ada identitas Yamaha yang sporty. Ditambah lagi dengan front tie (dasi) dengan aksen 3 dimensi yang ada di bawah headlamp.

Selain headlamp terdapat juga sepasang lampu sein, dan spakbor yang didesain seirama dengan tampang depan motor.

Sementara itu, untuk bodi samping dan belakang Fazzio memiliki kemiripan dengan Yamaha QBIX. Bentuk bodinya lebih mengotak di samping, lalu pada area dek dan footrest lebih rata, dilengkapi juga dengan dua ruang penyimpanan berupa cabinet tertutup di sisi kiri dan konsol terbuka di sisi kanan.

Bagian belakang Fazzio juga berdesain kotak, dilengkapi dengan lampu belakang utama dan sein yang sedikit mengoval. Lampu rem dan sein pada bagian belakang masih menggunakan bohlam biasa.

Berpindah ke kaki motor, pelek yang digunakan berdiameter 12 inci dan memiliki desain klasik, dibalut ban merek Dunlop berukuran 110/70 R12.

Blue Core Hybrid (Foto: Yamaha)

Mesin

Yamaha Fazzio dibekali mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 125 cc, 1 silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi.

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 8,3 hp pada 6.500 rpm, serta torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Menariknya, Fazzio juga sudah lengkapi sistem Blue Core Hybrid.

Mekanisme Hybrid yang ada pada Fazzio berfokus pada 2 sumber tenaga yang saling berkaitan. Pertama adalah tenaga dari mesin konvensional yang sudah disebutkan sebelumnya, berguna untuk percepatan motor.

Kedua adalah teknologi Electric Power Assist Start (EPAS), yang berfungsi untuk memberi tenaga pada 3 detik pertama saat tuas gas diputar, sehingga akselerasi awal akan lebih bertenaga dan halus.

Untuk menunjang performa mesin,disematkan tangki bahan bakar berkapasitas 5,1 liter.

Fitur

Seperti yang dikatakan tadi, meskipun Yamaha Fazzio memiliki desain yang klasik, fitur-fitur yang dipasang sangat banyak, modern dan canggih.

Salah satu yang sudah disebutkan adalah lampu depan menggunakan LED.

Lalu, speedometer pada setang kemudi sudah full digital, sehingga informasi mengenai performa motor dapat dibaca dengan lebih mudah.

Kemudian ada juga fitur Smart Key System, sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pemilik dalam mencari motor di area parkir.

Keyless (Foto: Yamaha)

Untuk urusan menyalakan mesin motor juga lebih simpel dengan adanya fitur One Push Start. Smart Lock juga dipasang untuk memberikan rasa aman ketikan dalam posisi jalan menanjak atau menurun, serta ada lampu hazard untuk kebutuhan darurat.

Terdapat juga fitur yang dapat menghemat pemakaian bahan bakar bernama Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generator (SMG). Ketika motor dalam posisi berhenti lebih dari 3 detik, mesin akan mati secara otomatis. Mesin akan kembali menyala ketika tuas gas diputar.

Selain fitur-fitur canggih di atas, terdapat pula fitur sederhana yang menunjang kenyamanan berkendara, seperti Electric Power Socket untuk mengisi ulang baterai smartphone, ruang penyimpanan di bawah jok berkapasitas 17,8 liter, dan Double Hook untuk membawa barang lebih.

Dibawah ini merupakan detail spesifikasi dari Yamaha Fazzio.

  • Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm

Jarak Sumbu Roda

1.280 mm

Ground Clearance

135 mm

Tinggi Tempat Duduk

750 mm

Berat Isi

95 kg

  • Mesin

Tipe Mesin

SOHC

Susunan Silinder

Single Cylinder

Diameter X Langkah

52,4 mm x 57,9 mm

Kapasitas Mesin

124,86 cc

Daya Maksimum

6,2 kW / 6.500 rpm

Torsi Maksimum

10,6 Nm / 4.500 rpm

Sistem Starter

Electric Starter

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Kapasitas Tangki Bensin

5,1 L

  • Transmisi & Suspensi

Transmisi

Otomatis

Suspensi Depan

Teleskopik

Suspensi Belakang

Unit Swing

Ukuran Ban (Depan & Belakang)

110/70-12 47L

Tipe Ban

Tubeless

Rem Depan

Disc Brake

Rem Belakang

Drum Brake

Harga Yamaha Fazzio

Yamaha Fazzio tersedia dalam dua varian, yaitu Fazzio Neo dan Fazzio Lux.

Secara spesifikasi kedua varian ini terbilang sama, perbedaannya hanya pada desain dan pilihan warna masing-masing model.

Fazzio Neo memiliki desain yang lebih ngejreng dan hidup, cocok untuk anak muda masa kini. Ditambah lagi dengan adanya 4 pilihan warna, yaitu Neo Cyan (biru pastel dengan corak oranye), Neo Red (merah dengan corak abu-abu), Neo Beige (krem dengan corak hijau pastel), dan Neo Black (hitam dengan corak abu-abu).

Sementara itu, desain dari varian Fazzio Lux dibuat lebih mewah dan classy. Tidak ada corak-corak tambahan pada bodi, dan jok motor berwarna cokelat, membuat varian Lux tampak lebih elegan. Untuk varian ini tersedia 2 warna, yaitu Prestige Silver dan Matte Black.

Karena desainnya yang lebih mewah, Fazzio Lux dibanderol lebih tinggi dari Neo, selisih harganya Rp300 ribu-an.

Berikut harga on the road (OTR) Jakarta dari masing-masing varian Fazzio per Mei 2022 dikutip dari situs resmi Yamaha Indonesia.

  • Fazzio Neo Rp21,89 juta
  • Fazzio Lux Rp22,19 juta.

FAQ

Q: Bahan bakar jenis apa yang direkomendasikan untuk Yamaha Fazzio?                                                                                                                                             
A: Rekomendasi bahan bakar yang dipakai untuk motor ini minimal memiliki oktan 92 (Pertamax)

Q: Berapa lama masa inden Yamaha Fazzio?
A: Dikabarkan waktu inden dari Fazzio bermacam-macam tergantung daerah, ada yang 1 minggu, ada juga yang lewat 1 bulan.

[ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga sepeda motor bekas <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar