Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Yamaha dan Honda Angkat Bicara Soal Komponen Lokal

Berita Otomotif

Yamaha dan Honda Angkat Bicara Soal Komponen Lokal

JAKARTA – Setelah dinyatakan bersalah oleh Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM) angkat bicara soal masalah komponen lokal. 

Masih adanya komponen impor yang digunakan dalam pembuatan sepeda motor rupanya menjadi perhatian khusus KPPU. Dalam sidang dugaan kartel yang melibatkan PTYIMM dan PT AHM, KPPU merekomendasikan untuk meningkatkan komponen lokal kendaraan.

“Majelis Komisi merekomendasikan kepada Komisi kepada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia agar lebih kuat mendorong peningkatan industri komponen lokal termasuk IKM (Industri Kecil Menengah) sehingga komponen utama sepeda motor yaitu engine, transmisi, rangka dan elektrikal dapat dihasilkan oleh industri domestik (PMDN) termasuk IKM-nya,” ungkap R. Kurnia Sya’ranie, Anggota Majelis Komisi KPPU RI saat sidang.

PT AHM pun memberikan pendapat akan rekomendasi hal ini. Mereka menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan hal tersebut, bahkan komponen lokal pada motor Honda telah mencapai 95 persen.

“Proses lokalisasi komponen itu sdh lama kita lakukan. Ini dilakukan dengan peningkatan kompetensi suplier di berbagai level sehingga akhirnya bisa mencapai rata-rata 95 persen. Tentu akan terus kita tingkatkan agar transfer knowledge dan teknologi bisa berlanjut di kemudian hari,” ungkap Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication PT AHM.

Hal senada juga disampaikan oleh M. Abidin, GM After Sales & Motorsport PT YIMM yang menyatakan bahwa pihaknya telah lama melakukan  lokalisasi terhadap komponen produk-produknya.

“Ada rekomendasi kepada Kementerian Perindustrian untuk beberapa komponen dilokalkan. Tapi setahu saya sih itu sudah dari dulu (dilakukan). Jadi kayaknya pemahaman tentang industri roda dua harus di update,” tambahnya.

Selain membacakan putusan, dalam sidang terkait kasus kartel yang melibatkan Yamaha dan Honda, KPPU juga memberikan rekomendasi agar harga skutik di Indonesia bisa lebih terjangkau. Salah satu rekomendasi tersebut adalah memproduksi lokal komponen-komponen sepeda motor di Indonesia. . [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang