Wuling Siap Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia ‘dalam Waktu Dekat’

Berita Otomotif

Wuling Siap Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia ‘dalam Waktu Dekat’

JAKARTA – Wuling akhirnya sedikit terbuka mengenai rencana menghadapi era elektrifikasi di Indonesia. Mereka mengaku sedang bersiap merilis mobil listrik tak lama dari sekarang.

Merek China ini sudah berani memamerkan mobil listrik Mini EV di Flagship Wuling Center Pondok Indah, Jakarta. Menurut eksekutif Wuling, hal tersebut adalah bukti awal kesiapan mereka meramaikan pasar mobil listrik di Tanah Air di masa mendatang.

Bahkan, telah keluar pernyataan mengenai rencana peluncuran sebuah model mobil listrik, meski detailnya masih mereka rahasiakan.

mobil listrik Wuling Mini EV di Flagship Wuling Center

“Ke depannya, Wuling berkomitmen untuk terus berinovasi di industri otomotif Tanah Air agar dapat selalu memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. Termasuk untuk rencana memasarkan EV (mobil listrik murni) dengan platform GSEV dalam waktu dekat,” kata Presiden Direktur PT. SAIC General Motors Wuling Indonesia Shi Guoyong dalam seremoni pembukaan Flagship Wuling Center pada Rabu (27/10/2021) kemarin, seperti dikutip dari keterangan resmi.

GSEV merupakan singkatan dari Global Small Electric Vehicle yang merupakan platform untuk mobil-mobil listrik kekinian Wuling. Model-model yang sudah menggunakan ini adalah e100, e200, maupun Mini EV yang dipajang di Flagship Wuling Center.

Dari ketiga model itu, Mini EV menjadi yang paling menghebohkan pasar China.

mobil listrik Wuling Mini EV di Flagship Wuling Center

Bahkan, di 'Negeri Tirai Bambu', model berkapasitas empat penumpang dengan jarak tempuh sampai dengan 170 km dalam kondisi baterai terisi penuh tersebut sekarang menjadi mobil listrik terlaris.

Tidak disebutkan, apakah model mobil listrik yang tak lama lagi mengaspal di Indonesia adalah Mini EV. Satu yang pasti, menurut laporan media massa China, Wuling memang berencana memproduksi mobil listrik yang dibuat dari platform GSEV di Indonesia mulai akhir 2022.

Flagship Wuling Center Indonesia

Flagship Wuling Center sendiri sebelumnya hanya ada di China. Baru kali ini, fasilitas tersebut hadir di luar ‘rumah sendiri’.

flagship wuling center

“Keseriusan kami di Indonesia telah terwujud sejak pendirian pabrik di Cikarang yang diresmikan pada 2017 lalu. Kini dengan bangga kami menghadirkan Flagship Wuling Center di Indonesia sebagai yang pertama di skala global,” ujar Guoyong.

Flagship Wuling Center antara lain terdiri dari dua lantai ruang pamer. Lantai pertama memiliki luas 901 meter persegi dan dilengkapi dengan lounge yang nyaman, sedangkan lantai kedua memiliki luas 300 meter persegi.

Model-model kendaraan penumpang Wuling yang sudah dijual di Indonesia bisa dilihat dan dipesan di sana. Ada Confero, Cortez, maupun Almaz.

Bisa dilihat pula penjelasan mengenai perjalanan Wuling di Indonesia sejak 2015 hingga 2021 maupun perihal teknologi canggih ADAS (Active Driving Assistance System) milik mereka. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar