Wuling Genap 3 Tahun di Indonesia, Lebih dari 40 Ribu Mobil Terjual

Berita Otomotif

Wuling Genap 3 Tahun di Indonesia, Lebih dari 40 Ribu Mobil Terjual

JAKARTA – Wuling, pada ulang tahun ketiga mereka di Indonesia, telah mencapai total penjualan lebih dari 40 ribu unit mobil plus lebih dari 100 dealer.

Pabrikan asal China tersebut, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi pada awal pekan ini, 'lahir' pada 11 Juli 2017 yang ditandai dengan resmi beroperasinya pabrik di Cikarang, Bekasi. Pabrik plus komplek pemasok seluas 60 hektare itu sendiri menjalani pemancangan tiang perdana pada Agustus 2015.

Selama tiga tahun, Wuling telah melepas empat model di Tanah Air. Tiga di antaranya merupakan multi purpose vehicle (MPV) yaitu Confero, Cortez, Formo sedangkan satu sisanya adalah sport utility vehicle (SUV) Almaz.

Selama jangka waktu tersebut, penjualan Wuling menuju 50 ribu unit mobil. Mereka juga telah memiliki tiga komunitas resmi.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), merek yang dimiliki oleh joint venture SAIC Motor dengan General Motors tersebut sudah membukukan penjualan retail (dealer ke konsumen) sebanyak 43.990 unit hanya dalam kurun tiga tahun. Dari sisi wholesales (pabrik ke dealer), penjualan mencapai 46.209 unit.

Mobil-mobil Wuling rakitan Cikarang telah pula merambah pasar ekspor sejak September 2019. Adapun modelnya ialah Almaz.

“Indonesia merupakan pasar yang penting bagi perkembangan bisnis Wuling. Maka dari itu, kami sangat mengapresiasi semua dukungan yang telah diberikan oleh para konsumen serta mitra Wuling selama kurun waktu tiga tahun. Kami akan terus mewujudkan komitmen kami bagi negeri melalui ragam produk andalan serta layanan terbaik sesuai dengan tema ‘Bring the Best for Indonesia’ yang kami bawa dalam perayaan tahun ini,” ujar Nathan Sun selaku Vice President PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia.

Merek yang markas pusatnya berada di Liuzhou, China ini juga telah memiliki 116 dealer di seluruh Indonesia.  Di samping itu, mereka pun sudah mendirikan perusahaan pembiayaan mereka sendiri bernama Wuling Finance sejak 9 Mei 2019.

Layanan penjualan maupun purnajual merambah dunia digital salah satunya melalui aplikasi MyWuling+. Aplikasi tersebut memudahkan para penggunanya dalam mengakses berbagai layanan, menghubungkan antara satu pelanggan dengan yang lainnya serta menyajikan informasi terbaru dari Wuling via aplikasi di smartphone, sehingga Wuling dapat senantiasa mendekatkan diri dengan para konsumennya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar