Biaya Perawatan Wuling Formo Cuma Butuh Rp 100 Ribu per Bulan

Berita Otomotif

Biaya Perawatan Wuling Formo Cuma Butuh Rp 100 Ribu per Bulan

JAKARTA – Wuling Formo diklaim memiliki biaya perawatan berkala yang kompetitif dan murah.

Formo, yang fokus menggarap pasar mobil komersial khususnya logistik serta transportasi, mengaspal di Indonesia pada pertengahan pekan ini. Multi purpose vehicle (MPV) bermesin bensin 1.2-liter tersebut terdiri dari varian blind van serta minibus (tujuh penumpang atau delapan penumpang).

Model tersebut menjadi penutup tahun Wuling setelah pada 2018 meluncurkan Cortez 1.8-liter serta Cortez 1.5-liter. Sebelumnya, pada Agustus 2017, pabrikan asal China ini memasarkan Confero 1.5-liter.

Satu dari delapan keunggulan yang diklaim adalah biaya perawatan rendah. MPV yang berplatform sama dengan Confero 1.5-liter tersebut bahkan diklaim mempunyai biaya perawatan paling rendah di antara para kompetitor di segmennya.

“Berdasarkan studi di kuartal kedua tahun ini, Formo blind van dan minibus dibandingkan para kompetitor itu biaya perawatannya lebih murah kira-kira 20 persen. Konsumen cukup menabung sebulan sekitar Rp 100 ribu untuk biaya perawatan berkala,” aku Taufik S. Arief, After Sales Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia dalam konferensi pers peluncuran Formo.

Perawatan kendaraan sendiri, menurut Taufik, secara umum terdiri dari tiga kategori. Selain perawatan berkala, ada pula perawatan perawatan untuk komponen-komponen yang aus karena pemakaian seperti rem, ban, dan sebagainya.

Terakhir adalah yang berhubungan dengan tabrakan. Arief, tanpa menjelaskan secara rinci, mengklaim Formo kompetitif di ketiga-tiganya.

Biaya perawatan berkala Formo tak jauh berbeda dengan Confero 1.5-liter, Cortez 1.8-liter, Cortez 1.5-liter berdasarkan studi April – Juni 2018. Ongkos servis rutin Confero 1.5-liter adalah Rp 111.686,-, sementara Cortez 1.8-liter maupun Cortez 1.5-liter masing-masing Rp 114.740,- dan Rp 100.512,-.

Wuling pada 2018 juga fokus menggeber penyebaran jaringan penjualan serta purnajual. Target 80 dealer di akhir tahun sudah tercapai pada semester pertama. Hingga kini, mereka sudah meresmikan 82 dealer di seluruh Indonesia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar