Daihatsu Berhasil Tingkatkan Penjualan Meski Dapat Tekanan

Berita Otomotif

Daihatsu Berhasil Tingkatkan Penjualan Meski Dapat Tekanan

JAKARTA – Daihatsu berhasil meningkatkan angka penjualan wholesales kendaraannya di bulan Februari 2020 meski ada tekanan dari sisi ekonomi dan wabah Corona.

Kondisi ekonomi Indonesia memang cukup tertekan di awal tahun. Kondisi tersebut diperparah dengan adanya wabah Corona yang membuat masyarakat semakin enggan untuk membelanjakan uangnya.

Namun, Daihatsu berhasil meraih hasil positif di bulan Febriuari 2020. Tercatat  wholesales Daihatsu meningkat dari sebelumnya hanya 14.173 unit di bulan Januari menjadi 15.778 unit di bulan Februari 2020. Kenaikan ini terbilang sebuah awal positif bagi penjualan kendaraan di Indonesia, khususnya bagi Daihatsu.

Sementara itu di retailsales, penjualan Daihatsu mengalami sedikit koreksi di bulan Februari. Dari data yang kami miliki, retailsales di bulan Februari hanya mencapai 13.658 unit. Jumlah ini mengalami penurunan bila dibandingkan bulan sebelumnya yang berhasil meraih angka sebesar 14.173 unit.

Jika dibandingkan dengan perolehan di Februari 2018, penjualan Daihatsu memang terlihat cukup tertekan. Pasalnya pada bulan Februari 2018, retailsales mereka berhasil menyentuh angka 31.229 unit dan wholesales mereka meraih 34.448 unit.

Meski demikian, bila melihat secara keseluruhan dari Januari hingga Februrari 2020, Daihatsu masih bisa bernapas lega. Ini karena mereka masih menjaga market share mereka di angka 17,8% untuk retailsales dan 18,7% untuk wholesales. Jumlah tersebut terbilang stabil untuk Daihatsu yang selama ini memang berusaha untuk mempertahankan angka market share mereka.

“Melihat pencapaian penjualan retailsales Daihatsu dua bulanan yang cukup baik, kami optimis dengan kondisi lebih baik ke depannya. Namun kami tetap mewaspadai perkembangan kondisi ekonomi, dan merebaknya wabah Covid-19 yang terjadi secara global, termasuk Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu sendiri akan meluncurkan Daihatsu Ayla dan Sirion pekan depan. Kedua mobil tersebut diharapkan bisa membawa angin segar untuk penjualan Daihatsu di Indonesia dan memperbaiki pasar nasional yang saat ini masih tertekan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar