Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Whiskey Bisa Diubah Jadi Biofuel

Berita Otomotif

Whiskey Bisa Diubah Jadi Biofuel

EDINBURGH - Istilah pisau jika di tangan orang baik akan berguna, namun jika di tangan orang jahat maka akan menimbulkan malapetaka sepertinya itu benar. Dan ini terbukti di Skotlandia.

Para ilmuwan di Skotlandia baru-baru ini mengadakan penelitian terhadap minuman berakohol Whiskey. Hasilnya selain bisa memabukkan, Whiskey juga bisa diubah jadi biofuel untuk bahan bakar mobil.

Mengutip autoevolution, para ilmuwan yang berbasis di Edinburgh Celtic Renewables itu menemukan formula untuk mengubah Whiskey menjadi zat berguna, artinya biofuel yang selama dibuat dari tumbuh-tumbuhan seperti jagung, ganggang, dan kedelai akan tergantikan.

Untuk bisa menggerakan mesin pembakaran dalam, para peneliti menggunakan limbah atau sampah dari bahan utama pembuatan Whiskey. Untuk diketahui bahan utama pembuatan Whiskey adalah gandum.

Limbah atau sampah itu diolah kembali. Dari hasil rekayasa yang dilakukan para ilmuwan, mereka mengklaim bisa menghasilkan butanol, etanol dan aseton. Sementara itu limbahnya dikeringkan untuk digunakan sebagai pakan ternak bermutu tinggi. Memang Skotlandia juga dikenal sebagai produsen whiskey. Setidaknya 550.000 ton limbah Whiskey per tahunnya.

Seperti dijelaskan bahan bakar dari limbah Whiskey memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dari biofuel yang terbuat langsung dari tumbuh-tumbuhan. Kabarnya biofuel dari limbah Whiskey itu akan mulai diproduksi pada tahun 2015 dan secara bertahap akan dipasarkan di Eropa. [Ikh/Idr]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

Tag Terkait


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang