Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Wacana Penurunan Tarif Tol Makin Mendekati Kenyataan

Berita Otomotif

Wacana Penurunan Tarif Tol Makin Mendekati Kenyataan

MADIUN – Wacana penurunan tarif tol makin mendekati kenyataan setelah Presiden Joko Widodo, yang akrab dipanggil Jokowi, menegaskan sendiri rencana tersebut kepada publik dan memberitahukan strategi konkret agar hal itu dapat dilakukan.

Kenginan pemerintah mereduksi tarif tol pertama kali terbuka ketika Jokowi memanggil menteri-menteri serta para pengelola jalan tol ke Istana Negara, Jakarta pada 22 Maret lalu. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seusai pertemuan kemudian membeberkan topik diskusi.

Jokowi, di sela-sela peresmian Tol Ngawi-Kertosono Seksi Ngawi-Wilangan pada Kamis (29/3/2018) di Madiun, Jawa Timur lalu menegaskan sendiri wacana tersebut. Ia, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, menerangkan pemerintah bakal menurunkan tarif tol.

Penyebabnya ialah keluhan pelaku jasa pengiriman logistik yang menganggap tarif tol saat ini terlalu mahal. Jokowi mengaku ingin menurunkan tarif tol agar biaya logistik di Indonesia menurun.

Jokowi bahkan menjelaskan saat ini penurunan tarif tol sedang dihitung. Meski begitu, ia tidak bersedia memaparkan sudah sejauh mana proses itu berlangsung.

“Tarif tol sudah dihitung oleh Bu Menteri Keuangan dan Pak Menteri PUPR. Nanti biar beliau berdua yang menyampaikan berapa persen penurunan,” kata dia.

Sebagai kompensasi kepada para pengelola jalan tol, pemerintah berjanji memperpanjang konsesi dan memberikan fasilitas insentif pajak. Dengan cara ini, investor diharapkan tidak terbebani oleh penurunan tarif tol.

Basuki Hadimuljono ketika diwawancarai pada 22 Maret di Istana Negara memang sempat mengutarakan bahwa penurunan tarif tol bisa dilakukan antara lain dengan dua cara. Pertama, konsesi tol yang saat ini berkisar antara 35-40 tahun diperpanjang, sedangkan cara kedua adalah mengubah komposisi golongan logistik. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang