Jokowi Naik Mitsubishi Fuso Resmikan Tol Ngawi-Kertosono

Berita Otomotif

Jokowi Naik Mitsubishi Fuso Resmikan Tol Ngawi-Kertosono

MADIUN – Presiden Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, menumpang sebuah truk Mitsubishi Fuso dalam peresmian Jalan Tol Ngawi-Kertosono Seksi Ngawi-Wilangan.

Jokowi menaikinya ketika meninjau tol baru tersebut di sela-sela peresmian, Kamis (29/3/2018) siang di Madiun, Jawa Timur. Berdasarkan foto yang dipublikasikan melalui situs resmi Sekretariat Kabinet, diketahui bahwa presiden dari Partai Demokrasi Indonesia – Perjuangan (PDI-P) itu menggunakan Colt Diesel Super HD-X 6.6.

Tol Ngawi-Kertosono Seksi Ngawi-Wilangan sendiri terbentang sepanjang 49,5 km. Selain itu, masih ada seksi lainnya yaitu Wilangan-Kertosono sepanjang 37,5 km.

Di jalan tol ini nantinya ada tiga buah simpang susun yakni Madiun, Caruban, dan Nganjuk. Proyek ini dikerjakan oeh PT. Ngawi Kertosono Jaya (NKJ).

Jokowi meresmikan Tol Ngawi-Kertosono Seksi Ngawi Wilangan dengan cara menempel kartu e-toll di mesin yang terdapat pada gerbang masuk, kemudian menandatangani prasasti. Ia mengatakan infrastruktur merupakan pondasi penting untuk bersaing dengan negara lain, sehingga pembangunannya mesti dikejar.

“Negara yang lambat pasti ditinggalkan negara lain,” ucap dia. Jokowi juga menyisipkan informasi bahwa pada akhir 2019 jalan tol dari Merak bakal terhubung hingga ke Pasuruan.

Mitsubishi Fuso, yang truknya dinaiki Jokowi, merupakan pemimpin di pasar kendaraan niaga Indonesia, khususnya di segmen truk.

Pada 2017, mereka menorehkan penjualan 42.319 unit, tumbuh 28 persen dibandingkan setahun sebelumnya atau year on year dengan pangsa pasar masih di kisaran 45 persen. Sementara itu, volume jual-beli truk nasional meningkat 30,93 persen year on year, dari 72.208 unit menjadi 94.545 unit.

Mitsubishi Fuso, di dalam Media Gathering 2018 beberapa waktu lalu di Jakarta, mengumumkan  target pangsa pasar 50 persen di segmen truk pada 2020. Hal ini ingin dicapai dengan menggeber performa mereka di kelas truk menengah atau medium duty truck. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual